Genesis Beli Bitcoin Senilai $2,1 Miliar Usai Jual Saham GBTC

Genesis Beli Bitcoin Senilai $2,1 Miliar Usai Jual Saham GBTC

Jakarta, Pintu News – Perusahaan peminjaman kripto yang sedang mengalami kebangkrutan, Genesis, dilaporkan telah membeli Bitcoin (BTC) senilai $2,1 miliar setelah menjual sekitar 36 juta saham Grayscale Bitcoin Trust (GBTC).

Menurut laporan Bloomberg Law yang mengutip dokumen pengadilan yang diajukan pada tanggal 5 April, Genesis menjual 36 juta saham GBTC miliknya dan menggunakan hasil penjualan tersebut untuk membeli 32.041 Bitcoin, yang diharapkan dapat digunakan untuk membayar kreditur. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Genesis Jual Saham GBTC untuk Beli Bitcoin

Pengadilan kebangkrutan New York mengesahkan keputusan untuk menjual saham GBTC pada tanggal 14 Februari, bersamaan dengan saham dari Grayscale Ethereum (ETH) Trust. Genesis awalnya meminta izin ketika saham GBTC bernilai hampir $1,4 miliar.

Demikian pula, sahamnya di Grayscale Ethereum Trust bernilai $165 juta, dan saham Grayscale Ethereum Classic Trust bernilai $38 juta. Penilaian ini telah berubah secara signifikan dengan lonjakan harga Bitcoin baru-baru ini.

Pada harga Bitcoin saat ini sekitar $68.000, koin yang dibeli dengan hasil dari saham GBTC saja sekarang bernilai hampir $2,2 miliar. Pemberi pinjaman kripto yang bangkrut tersebut berencana untuk mendistribusikan koin ini kepada kreditur Gemini Earn sebagai bagian dari strategi pembayarannya.

Baca Juga: Genesis Global Selesaikan Gugatan Pengadilan New York Sebesar $1 Miliar Terkait Penipuan Crypto Pelanggan!

Dampak Penjualan GBTC terhadap Pasar Kripto

grayscale bitcoin trust
Sumber: U Today

Perkembangan ini mengikuti argumen dari Digital Currency Group (DCG), perusahaan induk Genesis, mengenai rencana pembayaran yang diusulkan, yang menurut DCG akan membayar lebih kepada pemberi pinjaman.

Tanggapan komunitas kripto terhadap langkah tersebut beragam. Sementara bursa mata uang kripto Coinbase meyakinkan bahwa aksi jual kemungkinan akan tetap berada dalam ekosistem kripto tanpa gangguan pasar yang besar, kekhawatiran tetap ada mengenai potensi dampak pada GBTC dan industri kripto yang lebih luas.

Baca Juga: Genesis Setuju Bayar Denda $21 Juta untuk Selesaikan Tuduhan Terkait Program Pinjaman Gemini Earn

Genesis Hadapi Tantangan Keuangan dan Hukum

Perjuangan keuangan Genesis bermula dari dampak kebangkrutan FTX pada akhir tahun 2022, yang mengganggu operasi pinjamannya dan menekannya untuk membayar simpanan terkunci yang substansial. Hal ini menyebabkan Genesis untuk mengeksplorasi berbagai opsi, termasuk menyewa bank investasi Moelis & Co., dan mengumumkan pengurangan tenaga kerja sebesar 30%.

Pengajuan kebangkrutan mempengaruhi Genesis dan menimbulkan pertanyaan tentang stabilitas Grayscale Bitcoin Trust. Pengamat pasar khususnya mewaspadai potensi likuidasi lebih dari 600.000 Bitcoin yang terkait dengan kebangkrutan Genesis.

Di tengah tantangan ini, pemberi pinjaman kripto tersebut baru-baru ini menyelesaikan gugatan dengan Jaksa Agung New York Letitia James atas tuduhan terkait program Earn-nya. Penyelesaian tersebut bertujuan untuk mengembalikan aset kepada mantan pelanggan Earn dan kreditur Genesis lainnya, sambil menunggu persetujuan dari hakim kebangkrutan.

Kesimpulan

Langkah strategis Genesis baru-baru ini menggarisbawahi dinamika pasar kripto yang cair, khususnya mengenai Bitcoin dan Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). Keputusan perusahaan untuk menjual saham GBTC dan membeli Bitcoin dalam jumlah besar menunjukkan keyakinannya pada potensi Bitcoin sebagai penyimpan nilai.

Dampak dari tindakan ini terhadap pasar kripto masih harus dilihat, tetapi jelas bahwa Genesis memainkan peran penting dalam membentuk lanskap aset digital yang terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi