Generative AI: Ancaman atau Peluang bagi Pekerjaan di Industri Hiburan?

Generative AI: Ancaman atau Peluang bagi Pekerjaan di Industri Hiburan?

Generative Artificial Intelligence (GenAI) telah menjadi topik hangat dalam beberapa tahun terakhir, dengan potensi untuk mengubah berbagai industri, termasuk hiburan. Sebuah studi baru dari CVL Economics mengungkap dampak GenAI terhadap pekerjaan di industri hiburan di Amerika Serikat, dengan hasil yang mengejutkan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Dampak GenAI pada Pekerjaan di Industri Hiburan

GenAI telah mengubah cara kerja industri hiburan. Banyak perusahaan telah mengadopsi GenAI untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi konten. Studi CVL Economics menemukan bahwa 72% perusahaan di industri hiburan telah mengadopsi GenAI, dengan 25% sudah menggunakannya dan 47% berencana untuk mengimplementasikannya dalam waktu dekat.

Namun, adopsi GenAI juga menimbulkan kekhawatiran tentang dampaknya terhadap pekerjaan. Studi tersebut memperkirakan bahwa sekitar 203.800 pekerjaan di industri hiburan dapat terganggu oleh GenAI pada tahun 2026. Pekerjaan yang paling berisiko adalah pekerjaan yang melibatkan tugas-tugas rutin dan dapat diotomatisasi, seperti sound designer, music editor, dan audio technician.

Baca Juga: Apple Siap Luncurkan Fitur AI Generatif di Tahun 2024, Siap-Siap!

Tantangan dan Peluang GenAI

gen ai di industri hiburan
Tiga perempat dari para pemimpin industri hiburan setuju bahwa Gen AI telah membantu menghilangkan pekerjaan di industri mereka. Sumber: CVL Economics

Meskipun GenAI dapat menyebabkan hilangnya pekerjaan, namun juga menciptakan peluang baru. Studi CVL Economics menemukan bahwa GenAI telah menciptakan peran dan tanggung jawab baru dalam industri hiburan, seperti spesialis GenAI, pengembang model bahasa, dan desainer konten digital.

Selain itu, GenAI juga dapat membantu perusahaan untuk memproduksi konten yang lebih berkualitas dan menarik. Misalnya, GenAI dapat digunakan untuk membuat efek visual yang menakjubkan, musik yang unik, dan konten interaktif yang menarik perhatian penonton.

Baca Juga: AI Act: Regulasi AI Pertama di Dunia Segera Berlaku di Eropa

Masa Depan GenAI di Industri Hiburan

Industri hiburan sedang mengalami transformasi besar dengan munculnya GenAI. Perusahaan yang mampu memanfaatkan GenAI secara efektif akan memiliki keunggulan kompetitif dalam menciptakan konten yang menarik dan berkualitas. Namun, penting juga untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh GenAI, seperti dampaknya terhadap pekerjaan dan masalah etika.

Kesimpulan

GenAI memiliki potensi besar untuk mengubah industri hiburan, baik dari segi positif maupun negatif. Perusahaan dan pekerja di industri hiburan perlu bersiap untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh GenAI. Dengan pendekatan yang bijaksana dan bertanggung jawab, GenAI dapat membantu industri hiburan untuk berkembang dan mencapai tingkat yang baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi