Data Terbaru, Generasi Z Mendominasi Dunia Crypto Copy Trading dengan 44%

author:

Data Terbaru, Generasi Z Mendominasi Dunia Crypto Copy Trading dengan 44%

Menurut laporan terbaru dari Bitget, platform derivatif crypto dan copy trading, pengguna Generasi Z (Gen Z) lebih cenderung terlibat dalam copy trading atau social trading. Dalam laporan tersebut, Bitget mengungkapkan bahwa 44% dari semua copy trader berusia di bawah 25 tahun. Kelompok usia ini diikuti oleh pengguna berusia 25 hingga 35 tahun, yang mencakup hampir sepertiga dari semua copy trader.

Generasi Z Memimpin dalam Copy Trading

Generasi Z, yang didefinisikan sebagai mereka yang lahir antara pertengahan hingga akhir 1990-an hingga awal 2000-an, menunjukkan minat tertinggi dalam copy trading. Menurut laporan Bitget, 44% dari semua pengguna copy trading berada dalam kelompok usia ini. Sementara itu, mereka yang berusia 25 hingga 35 tahun mencakup 32% dari semua copy trader, diikuti oleh mereka yang berusia 35 hingga 55 tahun dengan 17%, dan mereka yang berusia di atas 55 tahun hanya mencakup 7% dari total.

Baca juga: Survei Global: 92% Responden di Seluruh Dunia Mengerti Pengetahuan Dasar Crypto

copy trading gen z
Angka pengguna copy trade Bitget menunjukkan bahwa Gen Z dan generasi milenial merupakan pengguna terbanyak – Sumber: Bitget

“Hasil survei ini mencerminkan sentimen pasar umum. Penggunaan alat canggih, termasuk yang berbasis AI, membuat strategi seperti copy trading menjadi mudah diakses dan menguntungkan bagi pengguna yang tidak memiliki pengetahuan luas tentang trading,” kata Gracy Chen, Direktur Manajemen Bitget.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa meskipun pengguna Afrika hanya mencakup sebagian kecil dari total copy trader, mereka menunjukkan minat tertinggi dalam copy trading. Hal ini mungkin disebabkan oleh pasar crypto yang masih berkembang di Afrika, di mana pengguna seringkali kurang berpengalaman dan lebih cenderung menggunakan copy trading sebagai titik awal.

Penggunaan Copy Trading di Berbagai Wilayah

Dalam hal geografi, copy trader Bitget sebagian besar berada di Eropa Barat, Asia Timur, dan Asia Tenggara. Eropa Barat mencakup bagian terbesar, dengan 31% dari semua copy trader, diikuti dekat oleh Asia Timur dengan 26%, dan Asia Tenggara dengan 19%.

copy trading gen z
Copy trader Bitget berdasarkan wilayah menunjukkan bahwa Amerika Latin adalah kelompok terbesar keempat – Sumber: Bitget

Meskipun pengguna Afrika hanya mencakup proporsi kecil, mereka menunjukkan tingkat minat tertinggi dalam copy trading. Hal ini mungkin disebabkan oleh pasar crypto yang masih berkembang di Afrika, di mana pengguna seringkali kurang berpengalaman dan lebih cenderung menggunakan copy trading sebagai titik awal.

Menurut laporan Bitget, 72% dari trader di bawah 25 tahun menunjukkan minat dalam platform copy trading Bitget, yang juga merupakan alasan utama mereka menggunakan Bitget. Sementara itu, proporsi ini mencapai 65% dalam kelompok usia 55-64 tahun. Trader crypto yang lebih tua cenderung menggunakan strategi copy trading untuk mencari saran investasi profesional.

Baca juga: Laporan Terbaru Goldman Sachs, Investasi AI Bisa Mencapai $200 Miliar di Tahun 2025!

Masa Depan Copy Trading

Laporan dari The Insight Partners mendukung temuan Bitget, yang menyatakan bahwa industri social trading tumbuh sekitar 7,8% CAGR, dan diharapkan mencapai nilai $3,77 miliar pada tahun 2028. Pertumbuhan ini dari $2,2 pada tahun 2021 menegaskan pentingnya keterlibatan Bitget dalam meningkatkan popularitas copy trading.

Bitget, yang didirikan pada tahun 2018, adalah bursa cryptocurrency terkemuka di dunia yang menawarkan layanan Copy Trading sebagai salah satu fitur utamanya. Melayani lebih dari 20 juta pengguna di lebih dari 100 negara dan wilayah, bursa ini berkomitmen untuk membantu pengguna berdagang lebih cerdas dengan menyediakan solusi perdagangan satu atap yang aman.

Bitget terus berupaya untuk meningkatkan fitur copy trading mereka, dan hal ini sejalan dengan slogan “Smarter Trading” mereka – elemen kunci dari upaya rebranding mereka saat ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: