Gempa 7,8 SR di Turki, Beberapa Crypto Exchange Ini Sigap Kirim Bantuan

author:

Gempa 7,8 SR di Turki, Beberapa Crypto Exchange Ini Sigap Kirim Bantuan

Pada 6 Februari 2023 kemarin, Turki mengalami bencana gempa berkekuatan 7,8 SR yang telah merenggut nyawa lebih dari 1.700 orang dan juga merobohkan sebagian wilayah Turki sampai Suriah. Tak tinggal diam, dukungan dari sektor mata uang crypto terus berdatangan, dan berbagai bursa crypto pun mulai menyiapkan paket bantuan bagi mereka yang terkena dampak, menurut laporan Finbold (6/2/23).

Gempa di Turki dan Respon dari Industri Crypto

Tidak hanya sekali, gempa berkekuatan 7,8 SR yang mengguncang Provinsi Kahramanmaras di Turki, disusul oleh gempa lain yang sama parahnya pada siang hari dengan kekuatan 7,5 SR, dan puluhan gempa kecil yang dirasakan di dua negara tetangga dan sekitarnya pada hari Senin, 6 Februari 2023.

Merespon kejadian ini, pemerintah dan beberapa organisasi di seluruh dunia dengan cepat berbondong-bondong memberikan bantuan kepada para korban, menawarkan bantuan dalam bentuk obat-obatan, peralatan penyelamatan, pembiayaan, dan tenaga kerja. Selain pemerintah dan organisasi, upaya bantuan serupa juga dijanjikan oleh berbagai platform perdagangan crypto, termasuk Gate.io, Binance, Bitfinex, Bitget, Bybit, Bitget, dan BitMEX.

Baca juga: Sempat Pesimis Karna Nilai Mata Uangnya Jatuh, Kini Turki Siap Luncurkan Mata Uang Digital

Janji Bantuan dari Industri Crypto

Janji Bantuan dari Industri Crypto
Sumber: Freepik

Dilansir dari Finbold, melalui platform sosial media, Gate.io menyatakan bahwa mereka telah mulai menyiapkan paket bantuan untuk membantu mereka yang berada di wilayah gempa bumi di Turki. Tak hanya itu, tim mereka juga mengungkapkan akan mengirimkan bantuan tersebut dengan cara berkoordinasi bersama pihak berwenang. Di sisi lain, CEO Binance, Changpeng Zhao, juga berbagi ungkapan dukungan dan janji bantuan terhadap bencana gempa di Turki.

Sentimen ini juga dibagikan oleh Bitfinex, yang mengatakan bahwa mereka sedang mengerjakan paket bantuan untuk membantu mereka yang terkena dampak gempa bumi, serta Bybit, yang menyuarakan perasaan duka cita, dengan menekankan bahwa “bantuan sedang dalam perjalanan ke wilayah yang terkena dampak”.

Sebelum musibah gempa terjadi, Turki tercatat menjadi salah satu pasar mata uang cryto terbesar di Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA). Adopsi crypto di Turki sangat menonjol di tahun 2022, dengan pertumbuhan volume transaksi crypto tertinggi dari tahun ke tahun di antara semua wilayah lainnya.

Tak hanya itu, menurut data Chainanalysis, Turki juga menempati posisi ke-12 di antara semua negara dalam Indeks Adopsi Crypto Global 2022, dengan pertumbuhan volume transaksi crypto Year-on-Year sebesar 10.5%, karena warganya berhasil menerima crypto senilai $192 miliar dari Juli 2021 hingga Juni 2022. Untuk selengkapnya baca di Timur Tengah dan Afrika Utara, Pasar Crypto Pertumbuhan Paling Cepat


Referensi: