Ethereum Bakal Diterjang Gelombang Volatilitas Baru, Apa Dampak pada Harga ETH?

Ethereum Bakal Diterjang Gelombang Volatilitas Baru, Apa Dampak pada Harga ETH?

Menurut data terbaru, Ethereum (ETH), cryptocurrency terbesar kedua setelah Bitcoin, diperkirakan akan menghadapi gelombang volatilitas baru. Banyak investor dan trader yang mengikuti perkembangan Ethereum tentu penasaran bagaimana dampaknya dan apa langkah yang perlu diambil untuk menghadapi situasi ini.

Sebelum itu, ketahui dulu perkembangan harga Ethereum per hari ini 8 Mei 2023 menurut market Pintu pada berita berikut ini!

Harga Ethereum (ETH) Turun 1,51% dalam Waktu 24 Jam

harga eth 8 mei 2023
Harga Ethereum (ETH) 24 Jam. Sumber: Market Pintu

Dilansir dari market Pintu, harga Ethereum (ETH) turun sebanyak 1,51% dalam waktu 24 jam. Sempat menyentuh harga tertingginya pada 7 Mei 2023 di harga Rp28.405.943, dan menyentuh harga terendahnya pada 8 Mei 2023 di harga Rp27.133.568.

Penyebab Volatilitas Baru

Berdasarkan analisis data dari Cryptopotato, beberapa faktor menjadi penyebab volatilitas baru yang mungkin melanda Ethereum. Salah satu faktor utama adalah pasar derivatif yang terus berkembang dan aktivitas trading margin yang meningkat.

Selain itu, adanya perbandingan dengan kejadian jatuhnya platform trading FTX di masa lalu juga menjadi pertimbangan dalam analisis tersebut. Ketika itu, volatilitas pasar juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Sejumlah analis juga mengaitkan peningkatan volatilitas dengan aksi jual besar-besaran yang dilakukan oleh para investor institusional dan peningkatan likuiditas di pasar.

Baca Juga: Upgrade Ethereum Dencun Siap Hadir dengan Biaya Transaksi Lebih Rendah!

Dampak Terhadap Harga Ethereum

volatilitas ethereum
Sumber: Rare HD Wallpaper

Volatilitas yang tinggi di pasar crypto tentu akan memberikan dampak langsung terhadap harga Ethereum. Beberapa analis memprediksi bahwa harga Ethereum bisa mengalami penurunan atau kenaikan tajam dalam waktu yang singkat.

Dalam situasi seperti ini, para investor dan trader perlu waspada dengan pergerakan harga yang tidak terduga dan kemungkinan terjadinya lonjakan harga yang besar. Selalu perhatikan pergerakan pasar dan melakukan analisis risiko sebelum mengambil keputusan investasi.

Jika volatilitas terus meningkat, investor harus mempertimbangkan untuk mengurangi eksposur mereka pada Ethereum atau mempertimbangkan diversifikasi portofolio mereka dengan menambahkan aset lain seperti Bitcoin atau aset crypto alternatif lainnya.

Baca Juga: Setelah Shanghai, Tim Pengembang Ethereum akan Fokus pada Upgrade Cancun

Strategi Menghadapi Volatilitas

Menurut CryptoPotato, menghadapi volatilitas pasar yang tinggi, investor harus tetap tenang dan tidak terbawa emosi. Jangan terburu-buru menjual atau membeli aset crypto, melainkan tetap fokus pada rencana investasi jangka panjang.

Selalu melakukan penelitian dan analisis pasar secara mendalam sebelum mengambil keputusan investasi. Memahami tren pasar, risiko, dan potensi keuntungan akan membantu investor mengambil keputusan yang lebih bijaksana.

Selain itu, investor bisa mempertimbangkan untuk mengelola risiko dengan cara diversifikasi portofolio investasi. Menambahkan berbagai aset crypto dan aset investasi lainnya akan membantu menyeimbangkan risiko dan potensi keuntungan.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: