Gelombang Crypto di Prancis: Kaum Milenial Memimpin Investasi Masa Depan!

author:

Gelombang Crypto di Prancis: Kaum Milenial Memimpin Investasi Masa Depan!

Di Prancis, sebuah fenomena menarik terjadi di kalangan kaum milenial yang semakin memeluk investasi crypto. Studi terbaru oleh Autorité des marchés financiers (AMF) dan Audirep mengungkapkan bahwa generasi muda ini semakin terlibat dalam dunia crypto, dengan penekanan kuat pada sumber informasi digital.

Fenomena ini menandai pergeseran signifikan dalam lanskap investasi di Prancis, menunjukkan perubahan preferensi dan perilaku investasi pasca-pandemi COVID-19.

Kaum Muda Prancis: Pionir Investasi Digital

Studi AMF menunjukkan bahwa hampir satu dari empat orang dewasa Prancis (24%) terlibat dalam investasi instrumen keuangan atau aset crypto. Lebih mengejutkan lagi, setengah dari investor ini memulai kegiatan investasi mereka sejak tahun 2020, mewakili sekitar 12% dari populasi dewasa Prancis. Dari jumlah tersebut, 9% bangga memiliki aset crypto.

crypto milenial prancis
Sumber: AMF

Baca juga: Terobosan Baru di Paris: Institut Riset Blockchain dan Crypto Resmi Dibuka!

Profil demografis investor baru ini sangat menarik. Mereka rata-rata berusia 38 tahun dan memiliki kecenderungan digital yang kuat. Sebanyak 65% dari mereka memegang aset crypto, dan banyak yang sangat bergantung pada media sosial (68%) dan influencer (41%) untuk informasi investasi. Ketergantungan ini menekankan pengaruh yang semakin besar dari platform online dalam membentuk keputusan investasi.

Kepuasan Investasi dan Tantangan Edukasi Keuangan

Menariknya, 67% pemegang aset crypto menyatakan kepuasan dengan kinerja investasi mereka, melebihi tingkat kepuasan keseluruhan sebesar 62% di antara investor ritel baru. Kepuasan ini penting, mengingat sifat volatil dari mata uang kripto. Namun, laporan tersebut juga mengangkat kekhawatiran tentang overestimasi pengetahuan keuangan di antara investor ini, terutama di kalangan muda berusia 18 hingga 24 tahun dan dari kategori sosio-profesional yang lebih rendah. Hanya 48% investor baru yang memahami konsep pengurangan risiko melalui diversifikasi aset.

Ketertarikan pada aset crypto sangat menonjol di kalangan investor muda, dengan 63% investor baru berusia 25-34 tahun memiliki aset crypto, dibandingkan hanya 25% di antara investor tradisional. Demografis ini juga lebih cenderung terlibat dalam aktivitas perjudian, baik online maupun offline, menunjukkan toleransi risiko yang lebih tinggi.

Baca juga: Lebih Dari 50% Milenial dan Gen Z AS Siap Dukung Kandidat Pro-Crypto di Pemilu 2024

Masa Depan Investasi Crypto di Kalangan Milenial Prancis

crypto milenial prancis
Sumber: PYMNTS

Investor crypto baru ini, dengan rata-rata usia 37 tahun, sering menunjukkan kepercayaan finansial, dengan aset finansial rata-rata sebesar €117.000 dan investasi rata-rata sebesar €9.317. Sebanyak 58% telah berinvestasi dalam aset crypto, dan 70% lebih cenderung berkonsultasi dengan penasihat profesional sebelum membuat keputusan investasi.

Sementara antusiasme untuk investasi crypto terasa nyata, studi ini mendorong refleksi tentang potensi jebakan. Ini menyoroti perlunya pendidikan keuangan yang ditingkatkan, terutama di antara kohort muda yang berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: