Gebrakan Tiga Negara BRICS: Lepas Aset AS Senilai $18,5 Miliar!

Gebrakan Tiga Negara BRICS: Lepas Aset AS Senilai $18,5 Miliar!

Sebanyak tiga negara anggota BRICS, yakni China, India, dan Brazil, baru-baru ini membuat keputusan besar dengan menjual aset pemerintah AS senilai $18,5 miliar.

Langkah ini diambil dalam rangka upaya mereka untuk mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS dan memperkuat mata uang lokal mereka di pasar internasional.

China: Penjualan Aset AS Terbesar dalam 4 Tahun Terakhir

China, sebagai anggota BRICS, menjadi negara yang paling banyak menjual aset AS bulan lalu dengan melepas obligasi pemerintah senilai $16,4 miliar. Selain itu, investor institusional China juga menjual saham AS senilai $5,1 miliar yang berdampak pada pasar saham.

Pemerintah Jinping dan investor institusional China telah menjual jumlah saham AS dalam jumlah rekor. Langkah ini diambil China sebagai bagian dari strategi mereka untuk mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS.

Baca Juga: Rahasia Besar di Balik EBITDA: Kunci Keberhasilan Keuangan Perusahaan

Meski telah melakukan berbagai upaya untuk melemahkan dolar AS, namun mata uang tersebut masih tetap unggul dibandingkan mata uang, emas, minyak, dan komoditas lainnya.

India dan Brazil: Menjaga Stabilitas Mata Uang Lokal

mata uang digital brics

Sementara itu, India menjual surat berharga yang didukung pemerintah AS senilai $1,5 miliar pada periode yang sama bulan lalu. India berusaha keras untuk mencegah Rupee mencapai titik terendah baru terhadap dolar AS yang sedang naik.

Brazil juga tidak mau ketinggalan. Negara ini memangkas kepemilikan surat berharga AS sebesar $600 juta pada periode yang sama. Langkah ini diambil Brazil untuk mendukung inisiatif de-dollarisasi.

Paragraf Penutup

Secara keseluruhan, tiga negara BRICS ini telah menjual aset AS senilai $18,5 miliar dalam 30 hari terakhir. Langkah ini menunjukkan upaya mereka untuk mengakhiri ketergantungan terhadap dolar AS dan memperkuat mata uang lokal mereka di pasar internasional.

Baca Juga: BRICS Ekspansi: Strategi Geopolitik atau Permainan Kekuatan Ekonomi?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi