GBTC Mendekati Bitcoin, Diskon Terendah Sejak 2021: Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya?

GBTC Mendekati Bitcoin, Diskon Terendah Sejak 2021: Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya?

Pada bulan Oktober, diskon produk dengan kapitalisasi pasar sebesar $15 miliar, GBTC, terhadap nilai aset bersih (NAV) turun menjadi 14,8%, terendah sejak Desember 2021. Ini merupakan peningkatan signifikan dalam basis tahun-ke-tahun (YTD).

GBTC dan Kemenangan Hukum

Berbeda dengan produk trust, yang kadang-kadang menyimpang dari nilai aset pokok mereka, ETF spot mempertahankan nilai dana sesuai dengan nilai aset. Tahun lalu, Komisi Sekuritas dan Bursa AS atau Securities and Exchange Commission (SEC) menolak permohonan GBTC, dengan alasan tidak memenuhi standar perlindungan investor.

Menanggapi hal ini, Grayscale mengajukan banding meminta peninjauan kembali keputusan regulator tersebut.

Baca Juga: Kemenangan Grayscale Atas SEC: Awal Baru untuk ETF Bitcoin?

Pada awal Agustus, pengadilan setuju dengan argumen Grayscale dan memerintahkan SEC untuk meninjau kembali keputusannya.

Putusan ini memicu harapan konversi dalam waktu dekat, sekaligus mengurangi diskon antara GBTC dan NVA. Sentimen positif mencapai puncaknya setelah SEC memutuskan untuk tidak mengajukan banding terhadap putusan tersebut.

Harapan Bitcoin ETF Mendorong Penyempitan Diskon GBTC

etf bitcoin delay
Sumber: Coin Culture

Diskon untuk Dana Bitcoin Grayscale (GBTC), kendaraan investasi bitcoin terbesar di dunia, terus menyempit pada hari Selasa di tengah optimisme bahwa ETF spot bitcoin mungkin akan segera hadir di AS. Saham GBTC menyempit menjadi diskon 12% terhadap NAV trust pada hari Selasa, terdekat sejak Desember 2021, menurut data dari TradingView.

GBTC telah diperdagangkan dengan diskon sejak Februari 2021 dan mencapai titik terendah hampir 50% pada Desember tahun lalu selama musim dingin crypto yang berkepanjangan. Perusahaan tersebut mengatakan pada hari Senin bahwa mereka “siap operasional” untuk mengubah GBTC menjadi ETF setelah mendapatkan persetujuan dari SEC.

Paragraf Penutup

Penyempitan ini terjadi saat Grayscale menunggu keputusan dari SEC tentang apakah mereka dapat mengubah dana tersebut menjadi ETF. Grayscale adalah salah satu dari beberapa manajer aset yang telah mengajukan permohonan kepada SEC untuk ETF spot Bitcoin, termasuk BlackRock, Fidelity, dan WisdomTree.

Baca Juga: Grayscale Desak SEC untuk Menyetujui Semua ETF Bitcoin Spot Sekaligus

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi