Aset Bitcoin GBTC Holdings Turun Drastis, Saingannya Justru Berlomba-lomba Akumulasi!

Aset Bitcoin GBTC Holdings Turun Drastis, Saingannya Justru Berlomba-lomba Akumulasi!

Cryptocurrency terus mengalami pasang surut, dan baru-baru ini, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menjadi sorotan. GBTC, salah satu cryptocurrency terbesar di dunia, telah mengalami penurunan signifikan dalam kepemilikan Bitcoin-nya.

Dalam 24 jam terakhir saja, GBTC telah kehilangan 6.138,79 Bitcoin dari cadangannya, yang mengakibatkan total kepemilikan Bitcoin-nya turun di bawah 500.000 BTC. Penurunan ini tentu saja menimbulkan pertanyaan tentang masa depan GBTC dan dampaknya terhadap pasar cryptocurrency secara keseluruhan.

GBTC Kehilangan Bitcoin, Saingan Meraup Keuntungan

GBTC Kehilangan Bitcoin, Saingan Meraup Keuntungan
Bitcoin.com

Penurunan kepemilikan Bitcoin GBTC tidak terjadi dalam ruang hampa. Sementara GBTC mengalami penurunan, beberapa pesaingnya justru memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kepemilikan Bitcoin mereka.

Salah satu yang paling menonjol adalah Blackrock’s Institutional Bitcoin Trust (IBIT), yang telah menambah 4.603,24 Bitcoin ke dalam cadangannya dalam 24 jam terakhir. Penambahan ini bernilai sekitar $199 juta dan menunjukkan kepercayaan Blackrock terhadap potensi jangka panjang Bitcoin.

Baca Juga: The Fed Beri Sinyal Potong Suku Bunga, Tapi Bukan Sekarang!

Selain IBIT, Fidelity Investment juga dilaporkan telah meningkatkan kepemilikan Bitcoin-nya melalui Fidelity Bitcoin Trust (FBTC).

Meskipun belum ada pembaruan resmi sejak 29 Januari, data on-chain menunjukkan peningkatan dari 46.238,09 BTC menjadi 47.238 BTC. Ark Invest dan 21shares, melalui ARK 21Shares Bitcoin ETF (ARKB), juga telah menambah kepemilikan Bitcoin mereka menjadi 14.790 BTC.

Pergeseran Kekuatan dalam Pasar Bitcoin ETF

aliran dana gbtc
Sumber: Cryptoslate

Penurunan GBTC dan kebangkitan para pesaingnya menandakan adanya pergeseran kekuatan dalam pasar cryptocurrency. GBTC, yang pernah menjadi pemimpin pasar, kini harus menghadapi persaingan ketat dari para pendatang baru yang lebih agresif dalam mengakumulasi Bitcoin.

Hal ini dapat berdampak pada dominasi GBTC di pasar dan membuka peluang bagi investor untuk mendiversifikasi portofolio cryptocurrency mereka.

Dampak pada Pasar Cryptocurrency

Perubahan kepemilikan Bitcoin oleh GBTC dan para pesaingnya tentu saja akan berdampak pada pasar crypto secara keseluruhan. Penurunan kepemilikan GBTC dapat menyebabkan tekanan jual di pasar, sementara peningkatan kepemilikan oleh para pesaingnya dapat memberikan dukungan positif.

Namun, perlu dicatat bahwa pasar cryptocurrency sangat fluktuatif dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, sehingga sulit untuk memprediksi dampak jangka panjang dari perubahan kepemilikan Bitcoin ini.

Paragraf Penutup

Penurunan kepemilikan Bitcoin GBTC di bawah 500.000 BTC menandai babak baru dalam persaingan pasar cryptocurrency. Sementara GBTC mengalami penurunan, para pesaingnya seperti IBIT, FBTC, ARKB, dan lainnya justru meningkatkan kepemilikan Bitcoin mereka. Pergeseran kekuatan ini dapat berdampak pada dominasi GBTC di pasar dan membuka peluang bagi investor crypto untuk mendiversifikasi portofolio cryptocurrency mereka.

Namun, penting untuk dicatat bahwa pasar cryptocurrency sangat fluktuatif dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, sehingga sulit untuk memprediksi dampak jangka panjang dari perubahan kepemilikan Bitcoin ini.

Baca Juga: SEC Batalkan Gugatan DEBT Box, Sementara, Setelah Ancaman Sanksi

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi