Biaya Ethereum Terendah dalam 6 Bulan, Altseason Segera Tiba?

author:

Biaya Ethereum Terendah dalam 6 Bulan, Altseason Segera Tiba?

Jakarta, Pintu News – Dilansir dari Cointelegraph, biaya gas di jaringan Ethereum telah jatuh ke level terendah dalam enam bulan, meskipun harga Ether (ETH) sedikit menguat selama akhir pekan.

Analis dari platform analitik kripto Santiment mengatakan hal ini dapat menandakan reli altcoin yang akan datang.

Biaya Gas Ethereum Mencapai Level Terendah

Sumber: X

Pada tanggal 27 April 2024, biaya rata-rata untuk transaksi Ethereum turun hingga $1,12, menurut posting X dari Santiment pada tanggal 28 April.

Baca juga: 3 Altcoin yang Berpotensi Melonjak di Mei 2024!

“Para trader secara historis bergerak di antara siklus sentimen, merasa bahwa kripto akan ‘To the Moon’ atau merasa bahwa ‘It Is Dead’, yang dapat diamati melalui biaya transaksi,” tulis Santiment.

Santiment menjelaskan bahwa biaya cenderung memuncak di sekitar puncak pasar lokal dan kembali ke posisi terendah “keadaan istirahat” di sekitar waktu pasar terendah.

Biaya gas di Ethereum mencapai titik tertinggi delapan bulan pada bulan Februari tahun ini di tengah gelombang minat yang besar terhadap standar token eksperimental yang disebut ERC-404.

Lebih lanjut, platform analitik tersebut menunjukkan bahwa biaya gas yang rendah dapat mengindikasikan peningkatan aktivitas jaringan Ethereum di masa mendatang dan menandai dimulainya reli altcoin.

Altcoin Siap Menguat

Hal ini terjadi ketika harga Ethereum sedikit menguat, naik 4,3% dalam seminggu terakhir, menurut data CoinGecko.

Pada tanggal 27 April 2024, jaringan Ethereum layer-2 Optimism (OP), Arbitrum (ARB), dan Polygon (MATIC) menyumbang tiga dari lima aset dengan kinerja terbaik di 50 mata uang kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, masing-masing naik 11,7%, 3,5%, dan 2,8%.

Sumber: TradingView – Cointelegraph

Baca juga: Vitalik Buterin Ungkap Fakta Mengejutkan tentang Ethereum PoW!

Sementara itu, aktivitas yang lebih rendah di jaringan telah menyebabkan pasokan Ethereum yang beredar melonjak ke titik tertinggi dalam sebulan terakhir. Dalam 30 hari terakhir, 74.458 ETH baru diterbitkan sementara hanya 57.516 yang dibakar, menghasilkan peningkatan pasokan bersih sebesar 16.979 Ether (ETH) baru, menurut data ultrasound.money.

Hal ini sangat kontras dengan lima bulan sebelumnya, yang terdiri dari deflasi yang stabil. Meskipun baru-baru ini terjadi peningkatan inflasi berbasis ETH, lebih dari 437.000 ETH telah dibakar sejak jaringan beralih ke mekanisme konsensus proof of stake, yang disebut ‘The Merge’ yang terjadi pada tanggal 15 September 2022.

Secara keseluruhan, biaya gas Ethereum yang rendah dapat menjadi indikator awal dari reli altcoin yang akan datang. Altcoin adalah mata uang kripto alternatif selain Bitcoin, dan mereka sering mengikuti tren harga Ethereum.

Jika biaya gas Ethereum rendah, ini berarti bahwa ada lebih sedikit aktivitas di jaringan Ethereum, yang dapat mengindikasikan bahwa investor sedang menunggu untuk membeli altcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Foxbit