Gary Gensler Memilih untuk Menyetujui ETF Bitcoin Meskipun Dapat Kritik dari Publik!

author:

Gary Gensler Memilih untuk Menyetujui ETF Bitcoin Meskipun Dapat Kritik dari Publik!

Dalam perkembangan pasar keuangan yang mengejutkan, Gary Gensler, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), telah memberikan persetujuan terhadap serangkaian dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot.

Meskipun dengan keraguan, langkah ini diambil menyusul putusan pengadilan yang membatalkan penolakan aplikasi Grayscale oleh SEC. Keputusan ini menandai babak baru dalam hubungan antara regulasi keuangan dan dunia crypto.

Putusan Pengadilan Membuka Jalan

Gary Gensler mengakui bahwa SEC tidak memiliki banyak pilihan selain menyetujui sekitar selusin proposal ETF Bitcoin spot setelah pengadilan menolak penolakan aplikasi Grayscale. Keputusan pengadilan tersebut membatasi langkah SEC, sehingga Gensler harus mengambil keputusan yang kontroversial ini.

Baca juga: ETF Bitcoin iShares BlackRock Melonjak 25% Setelah Mendapat Persetujuan SEC!

Meskipun demikian, persetujuan ini tidak menandakan bahwa SEC akan lebih terbuka terhadap aset crypto lainnya di masa depan. Konteks hukum dan implikasinya menjadi sorotan, menunjukkan tantangan regulasi yang dihadapi SEC dalam mengikuti perkembangan industri crypto yang cepat.

Hal ini juga menyoroti perlunya pedoman dan regulasi yang lebih jelas dalam ruang crypto untuk memastikan perlindungan investor sekaligus mendorong inovasi.

ETF Bitcoin: Sebuah Momen Bersejarah

Persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC merupakan momen penting bagi pasar crypto. Analis pasar menyatakan bahwa ini adalah langkah bersejarah bagi Bitcoin dan para penambangnya. Coinbase, salah satu platform pertukaran crypto terbesar, diperkirakan akan mendapat manfaat dari persetujuan ETF Bitcoin spot ini.

Grayscale dan BlackRock menjadi pemimpin volume perdagangan saat ETF Bitcoin mulai diperdagangkan. Diskon GBTC Grayscale menutup ke nol untuk pertama kalinya sejak Februari 2021, menandakan peningkatan kepercayaan investor terhadap produk ini.

Baca juga: CIO Valkyrie Ungkap Kemungkinan Adanya ETF Spot Ripple dan Ethereum!

Apakah ETF Ethereum Akan Menyusul?

Dengan persetujuan ETF Bitcoin spot, banyak yang bertanya-tanya apakah ETF Ether akan menjadi yang berikutnya. Leah Wald, CEO Valkyrie, berbicara tentang persetujuan ETF Bitcoin spot dan kemungkinan ETF Ether di masa depan.

Sementara itu, Vitalik Buterin, pendiri Ethereum, mengusulkan peningkatan batas gas, yang bisa menjadi langkah penting bagi jaringan Ethereum dan mungkin mempengaruhi pertimbangan ETF terkait Ether.

Persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC menandai era baru dalam integrasi antara pasar keuangan tradisional dan dunia crypto. Meskipun ada keraguan dari pihak regulator, langkah ini diharapkan akan membuka lebih banyak peluang bagi investor dan mendorong pertumbuhan industri crypto secara keseluruhan.

Namun, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab mengenai masa depan regulasi dan produk crypto lainnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: