Gary Gensler: Arsitek Perubahan di SEC yang Kontroversial

Gary Gensler: Arsitek Perubahan di SEC yang Kontroversial

Apakah kamu tahu sosok yang tengah menjadi sorotan di dunia crypto? Gary Gensler, Ketua Securities and Exchange Commission (SEC), telah menjadi tokoh yang paling banyak diperbincangkan.

Dengan upaya kerasnya untuk mengubah SEC, Gensler telah menarik perhatian dari berbagai pihak, baik pendukung maupun kritikus. Artikel ini akan mengupas tuntas langkah-langkah kontroversial yang diambil oleh Gensler dalam mengatur industri crypto dan pasar keuangan AS.

Gensler dan Dunia Crypto

Gary Gensler sering kali dianggap sebagai penjahat oleh para penggemar blockchain karena pandangannya yang kritis terhadap industri crypto. Gensler menekankan bahwa industri ini penuh dengan pelanggaran dan harus tunduk pada hukum sekuritas AS yang ada.

Para pengusaha crypto menuduh Gensler melakukan “regulasi melalui penegakan hukum”, dengan menggugat perusahaan-perusahaan yang sebenarnya telah beroperasi dengan baik, daripada menciptakan aturan baru untuk teknologi yang masih berkembang ini.

Baca Juga: Meme Coin Gary Gensler Mendominasi Pasar Crypto, Simak Kisah Dibaliknya!

Gensler, yang memiliki latar belakang di Goldman Sachs, telah mengejutkan banyak orang dengan menjadi pendukung era Dodd-Frank dan memenangkan hati para skeptis progresif.

Meskipun ia dikenal sebagai “Energizer Bunny” karena pendekatannya yang tak kenal lelah, ada juga kekurangan dalam metodenya, seperti upaya gagal untuk memperluas anggaran di CFTC hingga kelelahan staf.

Strategi Gensler di SEC

thor dan sec

Di luar pandangan umum, Gensler juga berupaya untuk mereformasi SEC secara lebih luas, termasuk isu-isu sensitif seperti pengungkapan iklim dan perombakan sistem perdagangan AS. Meskipun Gensler sering kali dianggap hanya fokus pada crypto, pendekatannya sebenarnya mencakup berbagai aspek regulasi keuangan.

Dalam wawancara eksklusif, Gensler menunjukkan sisi humorisnya, namun tetap menegaskan bahwa profilnya akan mencakup lebih dari sekadar crypto. Di balik layar, Gensler menggunakan crypto untuk berhadapan dengan para pembuat kebijakan yang menentang dan bahkan agensi lamanya, CFTC.

Hubungan antara SEC dan CFTC terkait yurisdiksi crypto sering kali digambarkan sebagai “pernikahan yang buruk dan disfungsional” oleh para regulator.

Tantangan dan Masa Depan Gensler di SEC

Tantangan terbesar bagi Gensler adalah apakah serangkaian tindakan penegakan hukum dan pembuatan aturan yang agresifnya akan bertahan di hadapan yudikatif yang semakin condong ke kanan. Istilah-istilah hukum seperti doktrin “Pertanyaan Besar” dan akhir dari deferensi Chevron menjadi perhatian para pengamat hukum.

Dengan crypto yang memiliki kapitalisasi pasar lebih dari satu triliun dolar, gugatan terhadap entitas seperti Coinbase dan Ripple menjadi sangat penting. Meskipun Gensler mungkin sudah setengah jalan dalam masa jabatannya di SEC, kisahnya masih terus berlanjut.

Paragraf Penutup

Ketika masa jabatan Gary Gensler di SEC berlangsung, dunia menantikan hasil dari reformasi yang ia usung. Apakah ia akan berhasil membawa perubahan yang signifikan atau justru menimbulkan lebih banyak kontroversi? Satu hal yang pasti, perjalanan Gensler di SEC akan terus menjadi topik hangat yang layak untuk diikuti.

Baca Juga: Gary Gensler: Pelopor Baru dalam Regulasi Crypto atau Ancaman bagi Industri?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi