Heboh! Jaringan zkSync Lumpuh Selama 5 Jam di Hari Natal

Heboh! Jaringan zkSync Lumpuh Selama 5 Jam di Hari Natal

Kegagalan teknis pada jaringan zkSync menyebabkan kepanikan di kalangan pengguna saat jaringan tersebut tiba-tiba offline selama lima jam pada Hari Natal. Insiden ini menambah daftar panjang gangguan yang telah terjadi di dunia crypto sepanjang tahun 2023. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kerentanan di Hari Raya

Pada tanggal 25 Desember, pengguna jaringan zkSync dikejutkan dengan berita bahwa jaringan tersebut tidak dapat diakses. Sebuah bug pada perangkat lunak zkSync memicu protokol keamanan otomatis yang tidak seharusnya, mengakibatkan jaringan tersebut crash.

Tim pengembang zkSync harus bekerja keras di hari libur untuk memperbaiki masalah tersebut. Meskipun terjadi di hari yang seharusnya penuh sukacita, tim pengembang tidak tinggal diam.

Mereka langsung mengidentifikasi dan mengatasi bug yang menjadi penyebab masalah. Setelah bekerja selama kurang lebih lima jam, jaringan zkSync akhirnya kembali beroperasi dan stabil.

Baca Juga: Baru! zkSync Luncurkan Boojum, Solusi untuk Skalabilitas dan Keamanan Blockchain

Penyebab dan Penanganan

penyebab gangguan zksync
Sumber: Akun X Zksync Development

Menurut tim pengembang, masalah yang terjadi bersifat teknis dan terkait dengan pembaruan status yang dihitung sebagai bagian dari protokol. Operator jaringan seharusnya mengirimkan pembaruan ini ke L1, namun terdapat bug dalam perhitungan yang dilakukan oleh perangkat lunak node operator tersebut.

Meskipun protokol yang dijalankan oleh jaringan terbukti benar, ada kesalahan kecil dalam perhitungan yang dilakukan oleh operator. Kesalahan ini memicu mode defensif jaringan, yang pada akhirnya menyebabkan jaringan tidak dapat diakses. Tim pengembang dengan cepat mengatasi masalah ini dan memperbarui perangkat lunak node yang terdampak.

Baca Juga: Susul Optimism (OP), ZkSync Luncurkan Jaringan Hyperchains Baru!

Implikasi Bagi Industri Crypto

Insiden ini bukanlah yang pertama bagi zkSync pada bulan Desember, mengingat jaringan tersebut juga mengalami penghentian produksi blok pada tanggal 16 Desember. Kejadian ini menambah daftar gangguan yang telah terjadi di berbagai jaringan blockchain sepanjang tahun, termasuk Solana dan Polygon.

Gangguan ini menyoroti pentingnya keandalan dan keamanan dalam industri crypto. Pengguna dan investor semakin menyadari bahwa teknologi ini masih muda dan rentan terhadap berbagai masalah. Oleh karena itu, tim pengembang harus terus berinovasi dan meningkatkan protokol mereka untuk mencegah insiden serupa di masa depan.

Insiden pada Hari Natal tersebut telah menjadi pengingat bagi komunitas crypto tentang pentingnya keamanan dan stabilitas jaringan. Meskipun zkSync berhasil mengatasi masalah dengan cepat, industri crypto harus terus berupaya untuk mengurangi risiko gangguan serupa yang dapat mengganggu kepercayaan dan operasional jaringan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: