Skandal Pencurian Digital: Gamma Strategies Kehilangan Jutaan Dolar

Skandal Pencurian Digital: Gamma Strategies Kehilangan Jutaan Dolar

Dunia crypto kembali diguncang oleh insiden keamanan yang mengejutkan. Protokol manajemen aset berbasis Ethereum, Gamma Strategies, baru-baru ini mengalami kerugian besar akibat serangan keamanan yang mengakibatkan hilangnya dana senilai lebih dari 211,9 ETH atau sekitar $469.000. Kejadian ini menambah daftar panjang serangan di industri crypto yang terus berlangsung. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penyelidikan dan Tindakan Cepat

Gamma Strategies langsung mengambil langkah cepat dengan menonaktifkan fitur deposit pada semua vault DeFi publik mereka. Meskipun demikian, pengguna masih dapat melakukan penarikan dana jika diperlukan. Tim Gamma Strategies bekerja sama dengan ahli keamanan untuk menyelidiki insiden ini lebih lanjut.

Mereka berjanji akan memberikan informasi terbaru segera setelah penyelidikan selesai. Dalam insiden ini, terdapat kelemahan kritis pada mekanisme akuntansi protokol yang memungkinkan penyerang menarik jumlah token yang berlebihan.

Analis keamanan dari BlockSec menemukan adanya inkonsistensi dalam mekanisme akuntansi yang digunakan Gamma Strategies untuk proses deposit dan penarikan. Hal ini menyebabkan ketidaksesuaian antara likuiditas dan saham yang dimiliki.

Baca Juga: Goldman Sachs Ingin Bermitra dengan BlackRock dan Grayscale untuk Peran ETF Bitcoin!

Imitasi dan Penipuan di Media Sosial

penipuan di media sosial
Sumber: Akun X Gamma Strategies

Di tengah kekacauan yang terjadi, sebuah akun Twitter palsu yang terverifikasi berhasil meniru kehadiran Gamma Strategies di media sosial. Akun palsu ini mencoba mengarahkan investor ke situs phishing dengan mengklaim bahwa mereka perlu mencabut semua persetujuan untuk mencegah kehilangan dana.

Postingan dari akun palsu ini bahkan mendapatkan lebih banyak perhatian daripada peringatan resmi dari Gamma Strategies sendiri. Para investor disarankan untuk berhati-hati, memeriksa semua tautan dengan seksama, dan hanya berinteraksi dengan Gamma Strategies melalui kanal resmi. Kejadian ini menunjukkan betapa pentingnya kehati-hatian dalam bertransaksi di dunia crypto, terutama saat insiden keamanan terjadi.

Baca Juga: Peter Schiff Berikan Prediksi Suram Terhadap ETF Bitcoin, Bakal Berdampak ke Market?

Industri Crypto dan Tantangan Keamanan

Tahun 2023 menjadi tahun yang penuh dengan tantangan bagi industri crypto, dengan kerugian hampir $2 miliar akibat serangan keamanan. Beberapa insiden besar termasuk serangan pada platform Mixin yang kehilangan $200 juta dan insiden keamanan di bursa crypto populer Poloniex dengan kerugian awal $33 juta yang kemudian diperbarui menjadi lebih dari $120 juta.

Tahun 2024 telah dimulai dengan serangkaian eksploitasi dan peretasan yang menimbulkan kekhawatiran. Dalam empat hari pertama tahun ini saja, telah tercatat tiga insiden keamanan dengan kerugian lebih dari $90 juta. Ini menunjukkan bahwa industri crypto harus meningkatkan ketahanan mereka terhadap ancaman yang semakin meluas.

Kesimpulan

Serangan terhadap Gamma Strategies menjadi peringatan bagi semua pelaku di industri crypto untuk terus meningkatkan keamanan dan kewaspadaan. Dengan berkembangnya teknologi dan metode serangan, hanya dengan kerja sama dan kesiapsiagaan yang tinggi, industri crypto dapat melindungi aset digital dan kepercayaan penggunanya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: