Game Web3 Satu-satunya di Solana Melampaui Seluruh Transaksi Harian Polygon!

author:

Game Web3 Satu-satunya di Solana Melampaui Seluruh Transaksi Harian Polygon!

Dalam dunia game berbasis blockchain, SAGE Labs, sebuah game web dari tim di balik Star Atlas, mencetak sejarah dengan mencapai lebih dari 2,29 juta transaksi dalam sehari, melampaui total transaksi harian di jaringan Polygon.

Game Web3 yang Mendominasi Solana

SAGE Labs, sebuah pengalaman game sci-fi berbasis browser yang berjalan di blockchain Solana, mencatat lebih dari 2,29 juta transaksi pada hari Minggu, melampaui total transaksi di seluruh jaringan Polygon sekitar 256.000 transaksi.

Baca juga: Solana Guncang Dunia Crypto, Ethereum Tertinggal?

Menurut data dari platform analitik Flipside Crypto, SAGE Labs telah mencatat lebih dari 16 juta transaksi sejak diluncurkan bulan lalu. Game ini adalah pengalaman sepenuhnya on-chain, di mana hampir setiap interaksi memerlukan pengguna untuk menandatangani dengan dompet mereka di blockchain Solana, memicu biaya gas kecil untuk memverifikasi setiap transaksi.

SAGE Labs adalah pengalaman simulasi manajemen ruang angkasa 2D yang berfokus pada menu, tugas manajemen sumber daya simulasi, dan data. Ini berbeda dengan pengalaman game 3D yang mendalam seperti MMORPG Star Atlas yang sedang dalam pengembangan.

Transaksi Harian yang Mengesankan

transaksi sage labs lampaui polygon

Pada hari Minggu, SAGE Labs mencatat 2.293.210 transaksi, sementara seluruh jaringan Polygon hanya mencatat 2.037.330 transaksi, menurut data dari explorer blockchain Polygonscan. Polygon adalah jaringan scaling Ethereum.

Namun, meski jumlah transaksi SAGE Labs menunjukkan jumlah pemain yang cukup besar, analisis data menunjukkan sebaliknya. SAGE Labs hanya memiliki 1.442 pemain aktif pada hari Minggu, dengan masing-masing melakukan sekitar 1.590 transaksi. Ini adalah jumlah transaksi yang sangat tinggi untuk satu pemain, tetapi ini disebabkan oleh desain game tersebut.

Baca juga: Polygon dan Ready Games Berkolaborasi Luncurkan Alat Canggih untuk Game Web3

Peran Penting SAGE Labs dalam Ekosistem Star Atlas

Meski SAGE Labs melihat lalu lintas yang cukup besar, Star Atlas menghadapi tantangan ekonomi tahun ini. Pada bulan Juli lalu, perusahaan diketahui memecat 73% stafnya.

CEO Star Atlas, Michael Wagner, mengatakan bahwa pemecatan tersebut diperlukan untuk beradaptasi dengan kondisi pasar dan mengurangi overhead untuk “mengakomodasi landasan panjang” untuk pengembangan Star Atlas yang berkelanjutan.

Dengan pencapaian ini, SAGE Labs telah membuktikan bahwa game berbasis blockchain memiliki potensi untuk mendominasi ekosistem transaksi di jaringan blockchain seperti Solana.

Meski demikian, masih ada tantangan yang harus dihadapi, termasuk kemungkinan adanya bot atau akun otomatis yang mungkin mempengaruhi jumlah transaksi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: