5 Game NFT Terbaru Ini Masih Populer di 2023?

5 Game NFT Terbaru Ini Masih Populer di 2023?

Tahukah kamu bahwa di era 2023 ini, menghasilkan uang bisa hanya dengan bermain game? Ada banyak game play-to-earn berbasis NFT yang sudah rilis dan di bisa dimainkan oleh publik.

Kira-kira apa saja ya game NFT terbaru 2023? Dan bagaimana mekanisme permainannya hingga bisa memberikan keuntungan bagi pemainnya? Simak berita lengkapnya berikut ini!

1. Axie Infinity (Strategy Game)

axie infinity game

Axie Infinity (game strategi) adalah game play-to-earn berbasis Ethereum yang memungkinkan pemain untuk memiliki aset virtual sambil memelihara makhluk-makhluk digital yang dikenal sebagai Axies.

Pemain dapat mengumpulkan Axies sebagai hewan peliharaan virtual dengan aspirasi untuk bertarung, berkembang biak, mengumpulkan, membesarkan, dan membangun kerajaan untuk Axies mereka.

Axie Infinity dikembangkan oleh Sky Mavis, studio game yang berfokus pada teknologi yang didirikan pada awal tahun 2018. Game Axie Infinity itu sendiri mulai dirilis ke publik pada 6 April 2022, yang diberi judul Axie Infinity: Origins.

Menurut data dari Activeplayers,io, dalam 30 hari terakhir dari tanggal 1 Maret – 31 Maret 2023, jumlah pemain aktif untuk game Axie Infinity ada sebanyak 389.095 pemain.

Bagaimana Cara Bermain Axie Infinity?

Dalam game Axie Infinity, ada 3 gameplay berbeda, yakni: Battling, Breeding, dan Land.

  • Battling: Para pemain bisa bertarung dengan Axies milik pemain lain, dan pemenangnya akan mendapatkan reward.
  • Breeding: Seperti hewan peliharaan di dunia nyata, Axie dapat dikembangbiakkan untuk menghasilkan keturunan baru. Mengembangbiakkan seekor Axie membutuhkan biaya AXS dan beberapa Smooth Love Potions (SLP) tergantung pada berapa kali Axie tersebut dikembangbiakkan.
  • Land: para pemain bisa memilih 8 tipe tanah berbeda yang ingin mereka miliki. Axie homeland itu disebut sebagaI Lunacia. Para pemain bisa menggunakan tanah yang mereka beli sebagai rumah Axies.

Di Axie Universe, Axie Infinity Shards (AXS) dan Smooth Love Potion (SLP) menjadi token utama yang digunakan dalam game ini. Pemain bisa mendapatkan profit di Axie Infinity dengan melakukan staking token, memainkan permainan dalam mode pertempuran atau petualangan, dan berpartisipasi dalam voting tata kelola utama game.

harga axs coinmarketcap

Token Axie Infinity Shards (AXS) bisa kamu temukan di Pintu. Harga Axie Infinity pernah meningkat hingga berkali-kali lipat dan mencapai harga tertingginya di tanggal 7 November 2021 dengan harga $145,19 yang setara dengan Rp2.174.655 (kurs $1 = Rp14.978).

Baca Juga: Serius di Game Web3, Magic Eden Luncurkan Game Hub Untuk Para Gamer!

2. The Sandbox Metaverse (Simulation Game)

the sandbox metaverse game

The Sandbox (game simulasi) adalah game interaktif berbasis Ethereum yang memungkinkan pemain untuk menciptakan dan merancang petualangan yang imersif sambil menghasilkan uang menggunakan cryptocurrency game tersebut.

Game ini memungkinkan pemain untuk membuat, membeli, dan memperdagangkan aset (seperti item, peralatan, dan scenery objects) dalam bentuk NFT, sehingga pemain memiliki kepemilikan aktual atas semua materi yang dibuat.

Game Sandbox dikembangkan oleh studio game Pixowl dan dirilis pada 15 Mei 2012. Game ini diakuisisi oleh Animoca Brands pada tahun 2018, dan namanya digunakan untuk game open world 3D berbasis blockchain.

Menurut data dari MMO Stats, jumlah pemain aktif harian untuk game The Sandbox mencapai 44.000 pemain.

Bagaimana Cara Bermain Game The Sandbox?

Di game The Sandbox, para pemain bisa membeli aset virtual berupa tanah. Setelah pemain memiliki LAND, pemain dapat mengisinya dengan Game dan Aset. Setiap LAND adalah NFT yang berada di blockchain Ethereum publik (ERC-721).

Ada 2 jenis paket yang bisa dipilih, yakni LAND dan ESTATE. LAND merupakan tanah yang berukuran 96×96 meter, sedangkan ESTATE merupakan kombinasi dari beberapa LAND.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan profit di game The Sanbox, di antaranya adalah membuat dan menjual NFT dengan menggunakan NFT maker VoxEdit, dan melakukan staking $SAND token.

harga the sandbox coinmarketcap

Token The Sandbox (SAND) sendiri tersedia di market Pintu. Harga SAND pernah melejit dan mencapai harga tertinggi (ATH) nya pada 25 November 2021 hingga menyentuh harga $7,5 yang setara dengan Rp112.335 (kurs $1 = Rp14.978).

Baca Juga: Berkolaborasi Dengan Polygon, Nexon Meluncurkan Game NFT Baru “MapleStory Universe”

3. Illuvium (Role-Playing Game)

illuvium game

Illuvium adalah role-playing game (RPG) terdesentralisasi yang didukung oleh teknologi blockchain dan NFT yang dirilis pada tahun 2021.

Game ini memungkinkan pengguna untuk mencari item dan makhluk dalam game (Illuvials) dalam bentuk NFT yang dapat digunakan untuk aktivitas seperti bertarung dan berdagang. Illuvium menggabungkan NFT Illuvial yang mewakili item pertempuran, skin, barang koleksi, emote, dan banyak lagi.

Menurut data terakhir dari Play to Earn, pada tahun 2022 ada lebih dari 7.000 pemain yang aktif di game Illuvium RPG ini.

Bagaimana Cara Bermain Game Illuvium?

Dengan konsep role-playing atau bermain peran, semua pemain di Illuvium bermain peran sebagai penyintas yang menjelajahi tanah asing yang tidak dikenal.

Sebagai bagian dari tantangan harian, pemain harus memulai pencarian untuk mendapatkan item dalam game dan makhluk ganas yang dikenal sebagai Illuvial. Faktanya, semua barang koleksi dalam game akan dianggap sebagai aset NFT di dompet digital pemain dengan nilai nyata.

Token Illuvium (ILV) menjadi token utama yang digunakan dalam tata kelola game. Para pemain berkesempatan untuk mendapatkan reward berupa ILV dengan berbagai cara, seperti staking token ILV, mengikuti battle arena dan turnamen, dan berburu Illuvial untuk dijual di IlluviDEX.

harga illuvium coinmarketcap

Token Illuvium (ILV) itu sendiri bisa kamu temukan di market Pintu. ILV mengalami peningkatan harga yang sangat signifikan di tahun 2021. Harga ILV sempat menyentuh ATH pada 30 November 2021 di harga $1.759 yang setara dengan Rp26.346.302 (kurs $1 = Rp14.978).

Baca Juga: Gak Cuma NFT, Magic Eden Fokus ke Web3 Dengan Luncurkan Web3 Games Collective (W3GC)!

4. Decentraland Metaverse (3D Virtual World)

decentraland metaverse game

Dirilis untuk publik pada Januari 2020, Decentraland adalah dunia virtual berbasis Ethereum, atau Metaverse, yang diatur melalui decentralized autonomous organization (DAO).

Platform ini menggunakan teknologi Blockchain untuk menciptakan dunia virtual yang terdesentralisasi, yang memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan mengembangkan tanah virtual menggunakan MANA, token crypto asli Decentraland.

Menurut data dari DappRadar, pengguna aktif harian untuk Game Decentraland Metaverse rata-rata ada 650 pemain.

Bagaimana Cara Bermain Game Decentraland?

Bidang tanah di Decentraland Metaverse (3D Virtual World) dapat dibeli dan dijual menggunakan MANA, cryptocurrency asli Decentraland. Nilai setiap bidang tanah berbeda-beda tergantung letak lokasi dan kedekatannya dengan lokasi populer lainnya di dunia virtual.

Satu bidang tanah diwakili oleh satu set koordinat unik pada sebuah grid, dengan setiap bidang berukuran 16 meter x 16 meter. Pengguna dapat membeli tanah-tanah ini menggunakan MANA dan kemudian mengembangkan tanah mereka menggunakan SDK Decentraland.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan di dalam game untuk mendapatkan keuntungan. Para pemain bisa melakukan jual beli LAND, koleksi pakaian atau benda koleksi lainnya.

harga decentraland mana coinmarketcap

Token Decentraland (MANA) itu sendiri dapat dengan mudah kamu temukan di market Pintu. Harga MANA sempat melesat, tepat ketika game Metaverse sedang naik daun. Harga MANA pernah menyentuh ATH pada 26 November 2021 di harga $5,2 yang setara dengan Rp77.885 (kurs $1 = Rp14.978).

Baca Juga: Kabar Gembira! Axie Infinity Luncurkan Mini Game Baru Raylights!

5. Space Misfits SMCW (MMORPG)

space misfits game

Dirilis untuk publik sejak 2019, Space Misfits adalah game MMORPG yang menggabungkan fitur free-to-play dan earn-to-play yang didukung oleh ekosistem blockchain Enjin.

Mayoritas NFT Space Misfits didukung oleh teknologi blockchain ENJIN dan smart contract mereka memberikan kemampuan kepada Space Misfits untuk memanfaatkan aset virtual dari blockchain Ethereum ke dalam game.

ENJIN terus mengembangkan kemampuan jaringannya, menawarkan Software Development Kit (SDK) yang memungkinkan pengguna jaringan untuk membuat dan memperdagangkan berbagai jenis aset digital.

Bagaimana Cara Bermain Game Space Misfits SMCW?

Space Misfits memiliki berbagai mekanisme dan fitur gameplay seperti; Space Flight and Dogfighting, Mining Minerals, NPC Hunting (PVE), Player vs. Player (PVP), rafting and Building dan masih banyak lagi lainnya.

Token yang digunakan dalam game ini adalah SMCW dan BITS. Menurut website resmi, BITS hanya dapat diperoleh dengan memainkan Space Misfits, sedangkan token SMCW bisa dibeli di exchange crypto.

Space Misfits menawarkan berbagai cara untuk mendapatkan hadiah, termasuk partisipasi dalam acara komunitas. Para pemain bisa melakukan mining, mengawal pemain lain ke area yang menantang, menjadi trader, dan membuat kapal unik dengan desain yang mengesankan untuk dijual.

harga enjin coin coinmarketcap

Token Enjin Coin (ENJ) sendiri bisa kamu temukan di market Pintu. Di tahun 2021, Enjin Coin sempat melejit hingga mencapai harga tertingginya (ATH) pada 26 November 2021 di harga $4,2 yang setara dengan Rp62.881 (kurs $1 = Rp14.978).

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: