DappRadar: Ditekan Regulasi, Game Blockchain Mampu Mendominasi Pasar dengan 36%

author:

DappRadar: Ditekan Regulasi, Game Blockchain Mampu Mendominasi Pasar dengan 36%

Tekanan regulasi terhadap industri crypto semakin meningkat dalam kuartal sebelumnya. Beberapa sektor, termasuk DeFi dan NFT, menunjukkan kondisi yang mengkhawatirkan. Namun, sektor permainan blockchain tampaknya tetap teguh di tengah tekanan ini.

Menurut laporan terbaru dari DappRadar, kategori permainan terus memimpin sebagai yang paling dominan, mengendalikan 36% di seluruh pasar aplikasi terdesentralisasi (dApp). Meski begitu, angka ini masih turun dari dominasi pasar 44% pada kuartal sebelumnya.

Game Blockchain: Menahan Tekanan Regulasi

Regulasi yang semakin ketat di industri crypto tidak bisa dipungkiri telah memberikan dampak yang signifikan pada sejumlah sektor, termasuk DeFi dan NFT. Namun, sektor game blockchain tampaknya tetap stabil di tengah tekanan ini. Menurut laporan DappRadar, kategori game terus memimpin sebagai yang paling dominan, mengendalikan 36% di seluruh pasar aplikasi terdesentralisasi (dApp).

Baca juga: Seru! Ubisoft Rilis Game Blockchain Pertamanya Bernama “Champions Tactics”

game blockchain memimpin pasar crypto
DappRadar

Meski dominasi pasar turun dari 44% pada kuartal sebelumnya, game blockchain masih memegang kendali yang kuat. Data juga menunjukkan peningkatan hampir 8% dalam jumlah Dompet Aktif Unik harian (dUAW) yang berinteraksi dengan dapp di blockchain dari Q1, yang bisa diinterpretasikan sebagai tanda pemulihan pasar yang menggembirakan.

Lebih lanjut, DappRadar mencatat,

“Meski terjadi turbulensi regulasi yang merajalela di lanskap, pasar aset digital masih berkembang, seperti yang tercermin dari pertumbuhan keterlibatan aktif.”

Pertumbuhan DeFi dan Dampak Regulasi

Tidak hanya itu, peningkatan ringan datang dalam bentuk hype memecoin dan pemburu airdrops L2, karena dominasi DeFi melonjak dari 23% menjadi 32%. Namun, protokol DeFi menyaksikan TVL mereka turun lebih dari 7% dari kuartal sebelumnya mencapai $77,6 miliar.

tvl blockchain crypto 2023
DappRadar

Laporan tersebut menggarisbawahi bahwa penurunan ini tidak terduga dan bertentangan dengan lintasan pertumbuhan yang diantisipasi dari lanskap DeFi. Meski Ethereum tetap memimpin dengan penurunan marginal 2% dari kuartal sebelumnya, hal yang sama tidak bisa dikatakan untuk dua blockchain terkemuka lainnya, BNB dan Polygon.

Setelah gugatan SEC pada awal Juni 2023, BNB mengalami penurunan 19% dalam TVL-nya, menandai kontraksi paling parah di antara semua blockchain yang dipertimbangkan. Polygon juga menyaksikan pengurangan TVL 8% sebagai dampak langsung dari serangan regulator.

Baca juga: Perhatian Gamers: Ini Dia 5 Game Blockchain yang Bisa Bikin Cuan Hingga 20x Lipat!

Pasar NFT dan Masa Depan Game Blockchain

nft trading volume 2023
DappRadar

Pasar NFT terlihat yang paling terpukul karena volume perdagangannya turun 38% menjadi $2,9 miliar di Q2. Namun, penurunan ini tidak selalu menunjukkan penurunan minat atau aktivitas pasar, menurut laporan tersebut.

Meski pasar NFT mengalami penurunan, game blockchain tetap menjadi sektor yang kuat di industri crypto. Dengan peningkatan regulasi dan tantangan lainnya, game blockchain menunjukkan ketahanan dan potensi untuk pertumbuhan di masa depan.

Secara keseluruhan, game blockchain menawarkan cara baru dan inovatif untuk berinteraksi dengan teknologi blockchain dan crypto. Dengan peningkatan adopsi dan inovasi, permainan blockchain mungkin akan terus mendominasi dan memimpin pasar dApp.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: