Invesco Galaxy, WisdomTree, Fidelity dan Bitwise Perbarui Aplikasi ETF Bitcoin!

author:

Invesco Galaxy, WisdomTree, Fidelity dan Bitwise Perbarui Aplikasi ETF Bitcoin!

Para penggemar crypto, bersiaplah! Perlombaan untuk meluncurkan produk Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin kini semakin memanas dengan berbagai perusahaan finansial ternama seperti Invesco Galaxy, WisdomTree, Fidelity, dan Bitwise yang telah memperbarui aplikasi Form S-1 mereka.

Langkah ini merupakan indikasi kuat dari kesiapan mereka untuk mendapat persetujuan dari Securities and Exchange Commission (SEC) di Amerika Serikat.

Kompetisi Tarif ETF Bitcoin

invesco ajukan etf bitcoin
Sumber: Cryptoslate

Dalam persaingan yang ketat ini, Invesco Galaxy telah mengambil inisiatif dengan mengeliminasi biaya untuk enam bulan pertama dan untuk aset pertama senilai $5 miliar. Di sisi lain, Fidelity menawarkan tarif yang sangat bersaing sebesar 0,39%. Tindakan ini menunjukkan keseriusan para pelaku pasar dalam menarik perhatian dan dana dari investor.

Baca juga: Apakah ETF Bitcoin Akan Segera Disetujui? Simak Prediksi Terbaru!

WisdomTree, di sisi lain, memutuskan untuk mempertahankan metode penerbitan dan penukaran saham secara in-kind, meskipun ada saran dari SEC untuk beralih ke sistem berbasis uang tunai. Keputusan ini mencerminkan keyakinan WisdomTree pada struktur yang telah mereka rancang, meskipun ada dorongan untuk mengikuti tren yang lebih umum.

Pemilihan Peserta Otorisasi

Invesco Galaxy telah menunjuk Virtu dan JPMorgan sebagai Peserta Otorisasi (AP) mereka, sedangkan WisdomTree dan Fidelity telah mempercayakan peran ini kepada Jane Street Capital. Penunjukan ini sangat krusial karena AP memiliki peran sentral dalam proses pembuatan dan penukaran unit ETF.

JPMorgan, yang CEO-nya Jamie Dimon terkenal dengan sikap kritisnya terhadap crypto, kini menjadi pusat perhatian karena terlibat sebagai AP dalam setidaknya dua aplikasi ETF. Hal ini menandakan perbedaan antara kebijakan institusional bank tersebut dengan pandangan pribadi para eksekutifnya, memberikan tingkat kepercayaan dan stabilitas tambahan pada ETF yang mereka dukung.

Baca juga: Bitcoin Cetak Rekor Pertumbuhan Tahunan Tertinggi Sejak 2020: Apa yang Terjadi?

Antisipasi Keputusan SEC

analisa peluncuran etf bitcoin
Sumber: X

Eric Balchunas, seorang analis ETF senior dari Bloomberg, memprediksi bahwa SEC akan memberikan keputusan yang menguntungkan pada tanggal 9 Januari, dengan perdagangan yang diharapkan dimulai sekitar tanggal 11 Januari 2024.

Jika persetujuan diberikan, pemberitahuan kepada penerbit diperkirakan akan diberikan secepatnya pada tanggal 3 Januari 2024. Grayscale juga tidak tinggal diam dengan mengajukan formulir S-3 yang baru setelah pengunduran diri Barry Silbert dari dewan direksi.

Grayscale menyatakan niat mereka untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust menjadi spot ETF yang berbasis uang tunai, mengikuti jejak Van Eck dan BlackRock.

Dengan semakin dekatnya keputusan dari SEC, industri crypto mungkin akan mengalami transformasi signifikan. ETF Bitcoin yang sangat dinantikan oleh banyak pihak berpotensi menjadi realitas dalam waktu dekat, membuka jalan bagi investor untuk terlibat dalam pasar crypto dengan cara yang lebih terstruktur dan aman.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: