Gak Sabar Gunakan Teknologi Blockchain, Nigeria Cari Partner untuk Luncurkan eNaira!

Gak Sabar Gunakan Teknologi Blockchain, Nigeria Cari Partner untuk Luncurkan eNaira!

Diam-diam Nigeria ternyata sudah gak sabar ingin perluas penggunaan mata uang digital eNaira-nya!

Untuk mempercepat adopsi mata uang digital eNaira, pemerintah Nigeria saat ini sedang berdiskusi dengan mitra teknologi potensial untuk menciptakan sistem baru dalam mengontrol dan mengelola eNaira.

Lalu mitra kerja seperti apakah yang tengah dicari pemerintah Nigeria saat ini?

Simak informasi selengkapnya seperti dilansir laman The Bit Times berikut ini.

Apa Tujuan Dibentuknya Kerja Sama Baru Ini?

Bank Sentral kini tengah berdiskusi dengan perusahaan digital mengenai eNaira dan kemungkinan kemitraan baru yang akan membantu Nigeria dalam mengatur teknologi keuangan digital berbasis blockchain ini.

Bank Sentral Nigeria dilaporkan ingin membuat software-nya sendiri untuk pengembangan eNaira sehingga dapat mempertahankan kendali penuh atas pengembangan eNaira tersebut.

Pada Oktober 2021, Bitt Inc., yang berkantor di Draper, Utah, membantu Nigeria dalam meluncurkan mata uang digital bank sentralnya, atau CBDC (Central Bank Digital Currency).

Baca Juga: Sempat Batasi Penarikan Uang, Nigeria Kini Larang Penuh Penarikan Uang Tunai! Crypto Solusinya?

Upaya tersebut menjadikan Nigeria sebagai negara pertama yang melakukannya CBDC di benua Afrika. Keren!

Meskipun mitra yang baru tidak akan langsung menggantikan Bitt, mereka akan membantu bank sentral Nigeria dalam mencapai tujuan jangka panjangnya dalam mengendalikan teknologi blockchain yang mendasarinya.

Hanya 1 Juta dari 200 Juta Warga Nigeria yang Miliki Wallet eNaira

Hanya 1 Juta dari 200 Juta Warga Nigeria yang Miliki Wallet eNaira
VOI

Nigeria telah menunjukkan kemampuannya menjadi salah satu negara yang memimpin upaya untuk membuat dan mempromosikan ekuivalen digital berbasis blockchain dari mata uang tradisional mereka.

Namun, Nigeria mengalami kesulitan untuk mendapatkan adopsi penggunaan mata uang digitalnya secara luas.

Menurut bank sentral Nigeria, saat ini hanya ada sekitar 1 juta orang Nigeria dari total populasi lebih dari 200 juta penduduk yang telah mengunduh wallet digital untuk menyimpan eNaira per Oktober 2022 dengan volume transaksi yang cukup rendah.

Untuk meningkatkan tingkat adopsi eNaira, pemerintah Nigeria bahkan berencana untuk memusnahkan uang kertas dari peredaran, lho!

Bagaimana rencana pemusnahan uang kertas yang dilakukan pemerintah Nigeria dan bagaimana dampaknya pada warga Nigeria? Simak informasi selengkapnya mengenai Nigeria Akan Segera Musnahkan Uang Kertas di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: