Gaji Ketua SEC Gary Gensler Akan Dipotong Hingga Hanya $1? Ini Fakta Sebenarnya!

Gaji Ketua SEC Gary Gensler Akan Dipotong Hingga Hanya $1? Ini Fakta Sebenarnya!

Sebuah usulan yang cukup kontroversial baru-baru ini muncul dari seorang anggota legislatif Amerika Serikat. Usulan tersebut adalah memotong gaji Ketua Securities and Exchange Commission (SEC), Gary Gensler, hingga hanya $1 per tahun. Apa alasan di balik usulan ini dan bagaimana dampaknya bagi SEC dan pemerintah AS? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Usulan Pemotongan Gaji

Anggota legislatif AS, Tim Burchett, mengusulkan pemotongan gaji Gensler dalam sebuah amandemen untuk Financial Services and General Government (FSGG). Usulan ini merupakan bagian dari proposal yang lebih luas untuk mengurangi dana regulator.

FSGG sendiri adalah undang-undang yang bertujuan untuk mengurangi pengeluaran pemerintah secara signifikan. Saat ini, Gensler diperkirakan menerima lebih dari $300.000 per tahun untuk tugasnya sebagai kepala SEC. Burchett bukan satu-satunya anggota legislatif yang menargetkan SEC.

Dalam undang-undang ini, ada usulan untuk memotong dana sejumlah agensi pemerintah. Steve Womack, yang memperkenalkan undang-undang ini ke Komite Aturan DPR pada 6 November, mengatakan bahwa SEC dan agensi lainnya telah menjadi beban keuangan yang tidak perlu bagi pemerintah.

Baca Juga: Ketua SEC Gary Gensler Ungkap Bahwa AI Lebih Penting Daripada Crypto?

Kritik Terhadap SEC dan Gensler

kritik terhadap sec dan gensler
Sumber: Akun X Rep Steve Womack

Ini bukan pertama kalinya Gensler dan SEC mendapatkan kritik dari politisi AS. Pada 12 Juni, Anggota DPR AS Warren Davidson dan Tom Emmer memperkenalkan SEC Stabilization Act ke DPR. Salah satu ketentuan utama undang-undang ini adalah menghapus Gensler sebagai ketua SEC. Jika disahkan, undang-undang ini akan memecat Gensler dan mendistribusikan kembali kekuatan agensi antara ketua dan komisaris SEC.

Undang-undang ini juga akan menciptakan posisi direktur eksekutif dan menambahkan komisaris keenam ke agensi untuk mencegah satu partai politik memiliki mayoritas pengaruh. Davidson dan Emmer telah lama menjadi kritikus SEC yang dipimpin Gensler, dengan Emmer mengecam Gensler sebagai “regulator berbadan buruk” dan menuduhnya “menyemprot komunitas crypto dengan tindakan penegakan hukum tanpa melihat aktor buruk yang sebenarnya.”

Usulan pemotongan gaji Gensler ini tentunya menimbulkan berbagai reaksi. Namun, yang pasti, ini menunjukkan betapa kompleks dan dinamisnya dunia regulasi keuangan dan crypto di Amerika Serikat. Bagaimanapun, kita perlu menunggu dan melihat bagaimana usulan ini akan berdampak pada masa depan SEC dan regulasi crypto di AS.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: