Skandal Transaksi XRP $15 Miliar Gagal, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Skandal Transaksi XRP $15 Miliar Gagal, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Sebuah percobaan eksploitasi yang gagal dalam transaksi XRP senilai hampir $15 miliar baru-baru ini menggemparkan komunitas crypto. Insiden ini melibatkan dua bursa besar, Bitfinex dan Binance, yang berhasil menggagalkan serangan tersebut. Kejadian ini menyoroti pentingnya keamanan dalam dunia crypto yang penuh dengan ancaman serangan siber.

Upaya Eksploitasi yang Gagal

upaya eksploitasi yang gagal
Sumber: Akun X Paolo Ardoino

Pada tanggal 14 Januari, sebuah transaksi yang dilaporkan oleh Whale Alert menunjukkan transfer XRP sebanyak 25,6 miliar ke Bitfinex. Namun, transaksi tersebut ternyata adalah bagian dari upaya eksploitasi yang gagal.

Paolo Ardoino, CTO Bitfinex, mengungkapkan bahwa serangan itu bertujuan untuk memanfaatkan konfigurasi pembayaran parsial yang salah pada sistem mereka. Serangan tersebut didasarkan pada asumsi bahwa Bitfinex tidak mengonfigurasi sistemnya dengan benar untuk mengolah pembayaran parsial.

Namun, Ardoino menegaskan bahwa Bitfinex telah menangani data field ‘delivered_amount’ dengan tepat, sehingga mencegah eksploitasi tersebut. Upaya serupa juga dilakukan terhadap Binance dengan transfer 58,9 miliar XRP, yang juga gagal.

Baca Juga: Prediksi Harga Ripple (XRP) 2023: Harga Ripple Berpotensi Meroket 181%?!

Reaksi Komunitas dan Implikasi Keamanan

Insiden ini memicu reaksi cepat dari komunitas crypto, termasuk dari YouTuber crypto populer, Ben Armstrong. Dia mengeluarkan video darurat, menyerukan kepada penontonnya untuk tidak menjual XRP mereka.

Armstrong menekankan bahwa transaksi sebesar itu tidak mungkin terjadi, mengingat jumlah maksimum XRP yang beredar. Armstrong juga menyarankan komunitas XRP untuk berhati-hati dan memverifikasi informasi dari sumber yang dapat dipercaya sebelum mengambil keputusan.

Dia mengindikasikan bahwa insiden tersebut mungkin merupakan upaya untuk menyebarkan ketakutan dan keraguan di pasar XRP. Kejadian ini menunjukkan pentingnya keamanan dan kehati-hatian dalam industri crypto.

Kesimpulan

Meskipun upaya eksploitasi ini gagal, kejadian ini menjadi pengingat bagi seluruh pelaku di industri crypto untuk selalu waspada. Keamanan sistem yang kuat dan pembaruan berkala adalah kunci untuk melindungi aset digital dari serangan yang semakin canggih. Bitfinex dan Binance telah menunjukkan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi ancaman.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi