Blockchain dan Generative-AI: Duet Maut Teknologi yang Akan Mengubah Dunia Bisnis!

Blockchain dan Generative-AI: Duet Maut Teknologi yang Akan Mengubah Dunia Bisnis!

Setiap orang penasaran bagaimana teknologi blockchain dan generative-AI akan bergabung dan bertransformasi.

Mari kita spekulasi bersama. Dalam 6 bulan terakhir, banyak waktu yang saya habiskan untuk bermain-main dengan alat generative-AI dan memikirkan bagaimana mereka akan mengubah “segalanya.”

Saya semakin yakin bahwa mereka akan berdampak, tetapi mungkin tidak sebesar atau secepat yang beberapa orang pikirkan, terutama di perusahaan.

Mengapa Generative AI Memerlukan Waktu untuk Skala Besar di Bisnis

Pertama dan terpenting, perusahaan mencapai skala dengan menerapkan kontrol proses dan kemudian mengotomatisasi sistem.

Baca Juga: 3 Proyek AI Ini Viral! Harganya Naik Hingga 293% dalam 30 Hari!

Mulai dari manajemen inventaris hingga perekrutan, kunci untuk meningkatkan sistem perusahaan adalah kemampuan untuk memindahkan usaha kerja orang dari transaksi atau aktivitas individual ke manajemen proses dari ujung ke ujung.

Generative-AI, sebaliknya, tidak bagus dalam menjalankan tugas yang sama berulang kali dengan presisi tinggi.

Generative AI dan Blockchain: Kolaborasi yang Mungkin

vr experience
Unsplash

Seperti e-commerce, sistem generative-AI akan meresap ke dalam sistem perusahaan bersama dengan teknologi blockchain dan mereka akan akhirnya bekerja dengan sangat baik bersama, tetapi kemajuan akan didorong oleh desain dan integrasi yang hati-hati, bukan adopsi grosir yang cepat.

Baca Juga: AI Makin Populer, Nilai Pasar Crypto AI Capai Rp61 Triliun!

Sementara konsumen sering mampu mengadopsi teknologi baru secara luas dalam sekitar satu dekade, biasanya membutuhkan waktu sekitar 25 tahun bagi perusahaan dan kita mungkin harus mengharapkan hal yang sama dengan generative AI dan integrasinya dengan teknologi blockchain.

Kesimpulan

Meski berita buruk telah dijelaskan, mari kita fokus pada area di mana kita akan melihat dampak paling dramatis dari bagaimana 2 teknologi ini akan bekerja sama.

Empat area yang mungkin muncul lebih cepat daripada yang lain termasuk pengembangan perangkat lunak, analitik, data pelatihan AI-generatif, dan antarmuka pengguna.

Dengan adanya generative-AI dan blockchain, kita bisa melihat masa depan di mana manajemen data, analisis, dan proses bisnis menjadi lebih efisien dan produktif.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: