Negara G7 Bakal Bahas Regulasi Crypto dan Bantu Negara Berkembang untuk Kenalkan CBDC!

Negara G7 Bakal Bahas Regulasi Crypto dan Bantu Negara Berkembang untuk Kenalkan CBDC!

Dilansir dari Bitcoin News, negara-negara G7 saat ini sedang mendiskusikan lebih banyak regulasi crypto dan cara-cara untuk membantu negara-negara berkembang memperkenalkan mata uang digital bank sentral (CBDC).

“Sebagai prioritas tahun ini, G7 akan mempertimbangkan cara terbaik untuk membantu negara-negara berkembang memperkenalkan CBDC yang konsisten dengan standar yang sesuai, termasuk prinsip kebijakan publik G7 untuk CBDC ritel,” kata Wakil Menteri Keuangan Jepang untuk Urusan Internasional, Masato Kanda. Simak berita lengkapnya berikut ini!

G7 akan Bahas Regulasi Crypto yang Lebih Kuat

negara g7
Sumber: Blockchain News

Dilansir dari Bitcoin News, kelompok tujuh (G7) atau negara G7 terdiri dari Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang (ketua G7 tahun 2023), Inggris, dan Amerika Serikat (AS). Uni Eropa (UE) juga menghadiri pertemuan-pertemuan G7.

Dalam seminar yang diselenggarakan di Washington, Masatio Kanda, menjelaskan bahwa diskusi crypto dan CBDC akan menjadi bagian dari upaya G7 untuk mengatasi tantangan yang dihadapi komunitas global dari teknologi digital yang bergerak cepat.

Dia menekankan bahwa runtuhnya exchange crypto FTX tahun lalu merupakan peringatan serius bagi para pembuat kebijakan untuk membuat regulasi lintas batas.

“Untuk aset crypto, ada sedikit perbedaan pandangan antar negara. Tetapi konsensus jelas bahwa kita membutuhkan lebih banyak regulasi, terutama setelah guncangan FTX,” ujar Kanda, dikutip dari Bitcoin News, Jumat (14/4/2023).

Wakil menkeu menyampaikan bahwa meskipun inovasi teknologi digital yang cepat memiliki manfaat, hal itu juga membawa tantangan baru, termasuk keamanan siber, penyebaran hoax, kesenjangan sosial dan politik, dan risiko mengguncang pasar keuangan.

Baca Juga: Ini Alasan Rusia Buru-Buru Adopsi CBDC di Tengah Hukuman Perang

G7 Berupaya Membantu Negara-negara Berkembang dengan Meluncurkan CBDC

g7 dan cbdc
Sumber: Lewis Silkin

Mengenai topik CBDC, pejabat Jepang mengatakan bahwa sebagai prioritas tahun ini, G7 akan mempertimbangkan cara terbaik untuk membantu negara-negara berkembang memperkenalkan CBDC yang konsisten dengan standar yang sesuai, termasuk prinsip kebijakan publik G7 untuk CBDC ritel.

“Kita harus mengatasi risiko dari pengembangan CBDC dengan memastikan faktor-faktor seperti transparansi yang tepat dan tata kelola yang baik,” ujar Wakil Menkeu Jepang, dikutip dari Bitcoin News, Jumat (14/4/2023).

Sebelumnya, apda awal April, menurut laporan terbaru dari Citi Group, akan ada gelombang adopsi crypto massal akan didukung terutama oleh kebangkitan mata uang digital bank sentral (CBDC) dan tokenisasi aset dunia nyata. Baca berita lengkapnya di CBDC Ambil Peran, Bakal Ada Adopsi Massal Crypto. Ini Kata Citi Group!

Referensi: