G20 Capai Kesepakatan Sejarah: Kerangka Kerja Crypto Internasional Siap Diluncurkan!

G20 Capai Kesepakatan Sejarah: Kerangka Kerja Crypto Internasional Siap Diluncurkan!

Pemimpin dari 20 ekonomi terbesar dunia, dikenal sebagai G20, telah mencapai kesepakatan penting mengenai aset crypto.

Dalam pertemuan di New Delhi, mereka menekankan pentingnya regulasi lintas batas untuk aset crypto. Apa dampak dari kesepakatan ini bagi dunia crypto?

Kesepakatan G20: Implementasi Cepat Kerangka Kerja Pelaporan Aset Crypto

Selama pertemuan dua hari di New Delhi, para pemimpin G20 menandatangani deklarasi yang menekankan urgensi regulasi lintas batas untuk aset crypto.

Mereka meminta implementasi cepat dari Crypto-Asset Reporting Framework (CARF) dan perubahan pada Common Reporting Standard (CRS).

Kerangka kerja ini diharapkan mulai memfasilitasi pertukaran informasi antar negara pada tahun 2027.

Baca Juga: Negara G20 Akan Bahas Framework Crypto, Bagian Penting dari Diskusi? Ini Kata Menkeu India!

Negara-negara anggota yang terpengaruh oleh kerangka kerja ini mencakup hampir seluruh negara besar di dunia, termasuk Indonesia.

Diperkenalkan oleh Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) pada akhir 2022, tujuan utama CARF adalah memberikan transparansi yang lebih besar kepada otoritas pajak mengenai transaksi crypto dan entitas terkait.

Rekomendasi dan Standar Baru untuk Transaksi Crypto

Twitter

Para pemimpin G20 mendukung rekomendasi yang diajukan oleh Financial Stability Board (FSB) mengenai regulasi, pengawasan, dan pengawasan aktivitas dan pasar aset crypto serta pengaturan stablecoin global.

Banyak negara G20 telah menerapkan standar pengungkapan baru untuk transaksi crypto. Misalnya, Uni Eropa memperkenalkan peraturan baru yang sejalan dengan CARF, memfasilitasi pertukaran informasi otomatis antara pemerintah Eropa untuk tujuan pajak.

Di bawah aturan EU yang diperbarui, setiap transfer aset digital harus memberikan detail termasuk nama penerima manfaat, alamat ledger terdistribusi mereka, dan nomor akun mereka.

Baca Juga: Pemerintah India Siapkan Aturan Crypto di Tengah Ajang G20

Dengan kesepakatan G20 yang baru, dunia crypto mungkin akan melihat perubahan besar dalam cara mereka beroperasi.

Kesepakatan ini menandai langkah penting menuju adopsi dan regulasi crypto yang lebih luas di tingkat global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: