G20 Setuju dengan Rekomendasi FSB: Apakah India Akan Mengikuti Jejak untuk Regulasi Crypto?

G20 Setuju dengan Rekomendasi FSB: Apakah India Akan Mengikuti Jejak untuk Regulasi Crypto?

Dalam pertemuan terbaru di New Delhi, pemimpin G20 telah mendukung rekomendasi dari Financial Stability Board (FSB) mengenai regulasi aset crypto. Di sisi lain, India, sebagai tuan rumah pertemuan G20, sedang mempertimbangkan pendekatan global sebelum menentukan kebijakan crypto nasionalnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

G20 dan Rekomendasi FSB

g20 dan rekomnedasi fsb
Sumber: Business Standard

Dilansir dari Bitcoin News, Pemimpin G20 telah merilis deklarasi yang mendukung rekomendasi tingkat tinggi FSB untuk regulasi, pengawasan, dan pengawasan aktivitas dan pasar aset crypto serta pengaturan stablecoin global.

Deklarasi tersebut menekankan pentingnya implementasi rekomendasi ini secara efektif dan tepat waktu di seluruh dunia untuk menghindari arbitrase regulasi.

Laporan dari FSB dan IMF, termasuk “IMF-FSB Synthesis Paper”, telah disambut baik oleh pemimpin G20, yang mencakup rencana kerja untuk mendukung kerangka kerja kebijakan dan regulasi yang koordinatif dan komprehensif.

Baca Juga: Akhirnya, G20 Luncurkan Framework Crypto Global!

Sikap India Terhadap Regulasi Crypto

India telah menekankan pentingnya regulasi global terhadap crypto untuk mengatasi penghindaran pajak dan dana yang berputar. RBI, bank sentral India, sebelumnya telah meminta larangan total terhadap crypto.

Seorang pejabat senior mengatakan bahwa India akan memutuskan tentang implementasi regulasi crypto setelah diskusi ekstensif dengan negara-negara lain, mengesampingkan kemungkinan larangan total terhadap aset tersebut.

Pejabat tersebut menambahkan bahwa diskusi lebih lanjut akan dilakukan untuk mencapai konsensus global mengenai regulasi crypto, dengan pertimbangan rekomendasi dari FSB.

Baca Juga: IMF dan FSB Berikan Panduan Regulasi Aset Crypto untuk Era Baru di G20!

Implikasi Global dari Regulasi Crypto

Dengan pertumbuhan cepat ekosistem crypto, penting bagi negara-negara untuk memantau risiko yang mungkin muncul dan memastikan bahwa regulasi yang diterapkan konsisten di seluruh dunia.

Rekomendasi FSB mencerminkan prinsip “aktivitas yang sama, risiko yang sama, regulasi yang sama”, menetapkan standar minimum yang harus dipenuhi oleh setiap yurisdiksi.

Pemimpin G20 juga menyambut diskusi mengenai potensi implikasi makro-keuangan dari pengenalan dan adopsi mata uang digital bank sentral (CBDCs), terutama mengenai pembayaran lintas batas dan sistem moneter dan keuangan internasional.

Dengan dukungan dari pemimpin G20 terhadap rekomendasi FSB, dunia kini menunggu langkah selanjutnya dalam regulasi crypto. Bagi India, keputusan mengenai regulasi crypto akan sangat penting, mengingat posisinya sebagai tuan rumah pertemuan G20 dan potensi besar pasar crypto di negara tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: