Revolusi Musik AI: Futureverse Luncurkan JEN-1, AI yang Mengubah Teks Menjadi Musik!

Revolusi Musik AI: Futureverse Luncurkan JEN-1, AI yang Mengubah Teks Menjadi Musik!

Futureverse, perusahaan terdepan di bidang AI dan teknologi metaverse, mengumumkan peluncuran JEN-1, model AI yang revolusioner untuk generasi teks ke musik. Dengan kemampuan yang belum pernah ada sebelumnya, JEN-1 menjanjikan perubahan besar dalam cara kita memproduksi dan menikmati musik. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kemajuan Besar dalam Musik AI

musik ai
Sumber: Analytics Insights

Dilansir dari NFT Evening, JEN-1 diakui sebagai terobosan dalam musik AI, menggabungkan komposisi musik dengan petunjuk teks bebas untuk menghasilkan output suara berkualitas tinggi.

Meskipun AI telah membuat kemajuan besar dalam bidang gambar dan teks, menghasilkan musik yang otentik dan realistis tetap menjadi tantangan. Namun, dengan JEN-1, Futureverse berhasil mengatasi tantangan tersebut, menghasilkan musik yang realistis dan kreatif.

Baca Juga: Perluas Industri Musik Web3, Layanan Streaming Ini Akuisisi Mint Songs, Perusahaan Startup Musik Web3!

Fitur Unggulan JEN-1

Menurut Metaverse Post, model AI ini menggunakan autoencoder khusus dan model difusi untuk menghasilkan audio stereo detail dengan tingkat sampling tinggi 48kHz.

Selain itu, JEN-1 mampu menghindari kehilangan kualitas saat mengonversi fitur audio. Model ini dilatih dalam berbagai tugas, termasuk menghasilkan musik, melanjutkan urutan musik, dan mengisi bagian yang hilang.

Dengan kombinasi metode autoregresif dan non-autoregresif, JEN-1 berhasil menyeimbangkan antara menangkap ketergantungan dalam musik dan menghasilkannya dengan efisien.

Baca Juga: Google dan Universal Music Bersatu untuk Musik AI: Apakah Ini Masa Depan Industri Musik?

JEN-1 Melawan Model AI Lainnya

jen-1 vs model ai lainnya
Perbandingan JEN-1 dengan model AI lainnya. Sumber: NFT Evening

Dalam evaluasi terhadap model-model terkini seperti MusicLM dari Google dan MusicGen dari Meta, JEN-1 menunjukkan hasil yang superior dalam hal kesetiaan dan realisme. Model ini berhasil mendapatkan skor tertinggi dalam evaluasi manusia dan juga lebih efisien secara komputasi dibandingkan model lainnya.

Dengan peluncuran JEN-1, Futureverse menunjukkan potensi besar AI dalam industri musik. Model ini tidak hanya menawarkan kualitas yang belum pernah ada sebelumnya, tetapi juga membuka peluang baru dalam produksi musik, pertunjukan langsung, dan realitas virtual.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: