FUD China Kembali Terjadi, Investor Institusional Borong Crypto?

author:

FUD China Kembali Terjadi, Investor Institusional Borong Crypto?

Momen FUD China kembali terjadi beberapa minggu lalu. Pada tanggal 24 September 2021, nilai BTC mengalami penurunan sebesar $2.000 hanya dalam kurun waktu 1 jam setelah berita mengenai pelarangan transaksi cryptocurrency di China tersebar di media sosial . Mengejutkannya, data dari CoinShare menunjukan bahwa transaksi crypto justru mengalami peningkatan di minggu tersebut. Simak berita selengkapnya di bawah ini!

PBoC Umumkan Transaksi Cryptocurrency di China Sebagai Aktivitas Ilegal

gambar fud china
(newsbtc.com)

Pada tanggal 24 September 2021, People’s Bank of China (PBoC) mengumumkan sejumlah perencanaan untuk menghentikan aktivitas crypto seperti “memutus channel pembayaran hingga menyingkirkan website-website serta aplikasi mobile yang berkaitan dengan crypto.”

Informasi tersebut tersebar melalui berbagai media online. Ketika itu, harga BTC turun sebesar $2.000 hanya dalam kurun waktu 1 jam saja.

Investor Institusional Justru Borong Crypto?

Data dari CoinShare justru menunjukan total inflow sebesar US$95 juta pada produk-produk investasi aset digital di rentang tanggal 20 – 24 September lalu, yang menandakan terjadinya peningkatan inflow mingguan sebesar 126%.

James Butterfill, selaku investment strategist dari CoinShares mengungkapkan bahwa inflow berkelanjutkan ini menunjukan bahwa momen ini justru dimanfaatkan oleh investor sebagai kesempatan untuk membeli lebih banyak aset.

FUD China Ini Bukan Pertama Kalinya

Ini bukanlah pertama kalinya momen FUD dari China terjadi. Dilansir dari Cointelegraph, China pertama kali melarang penggunakan mata uang virtual untuk memperdagangkan berbagai produk pada tahun 2009 lalu.

Di tahun 2013, PBoC melarang lembaga keuangan di China untuk mengelola transaksi BTC. Ketika itu, harga BTC turun hingga ke bawah $1.000.

Di bulan Juni lalu, dikabarkan juga pelarangan mining crypto yang menyebabkan eksodus besar-besaran penambang crypto di China ke negara lain.

Referensi:

James Butterfill, Volume 48: Digital Asset Fund Flows Weekly. Diakses tanggal: 29-09-21.

Marcel Pechman, China’s Bitcoin Ban Puts Traders in The Fear Zone. Diakses tanggal: 29-09-21.

Turner Wright, Crypto Has Recovered from China’s FUD Over a Dozen Times in the Last 12 Years. Diakses tanggal: 29-09-21.

William Suberg, Old FUD, New BTC Price Dip. Diakses tanggal: 29-09-21.