Pergerakan Dana FTX Terungkap: Pembelian Yacht Mewah Hingga Transfer Tunai Besar-besaran!

Pergerakan Dana FTX Terungkap: Pembelian Yacht Mewah Hingga Transfer Tunai Besar-besaran!

Skandal finansial terbaru di dunia crypto telah menyoroti FTX, salah satu bursa crypto terkemuka, yang kini terungkap telah melakukan serangkaian transaksi finansial mewah yang menguntungkan para eksekutifnya.

Dari pembelian yacht mewah hingga transfer tunai besar-besaran, dokumen pengadilan telah mengungkap detail-detail yang mengejutkan tentang bagaimana dana perusahaan digunakan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pembelian Yacht untuk Mantan Co-CEO

caroline ellison
Sumber: Akun Twitter Caroline Ellison

Salah satu pengungkapan yang paling mengejutkan adalah pembayaran sebesar $2,5 juta ke American Yacht Group atas nama Samuel Trabucco, mantan co-CEO Alameda Research.

Beberapa bulan sebelum keruntuhan finansial perusahaan, Trabucco mengumumkan pengunduran dirinya dan menyebutkan bahwa ia baru saja membeli sebuah Yacht.

Caroline Ellison, mantan CEO Alameda Research, memberikan komentar positif mengenai pembelian tersebut. Namun, dengan pengungkapan ini, pertanyaan muncul mengenai sumber dana untuk pembelian yacht dan waktu transaksi tersebut.

Baca Juga: FTX Rilis Rencana Restrukturisasi: Rencana Reboot Bursa Offshore di Masa Depan!

Transfer Tunai Besar ke Eksekutif

Menurut Crytponews, dokumen menunjukkan bahwa lebih dari $900 juta ditransfer ke Sam Bankman-Fried dengan label “Cash Payment”. Selain itu, terdapat transfer tunai senilai $15,5 juta dan transfer lainnya sebesar $3,5 juta ke Caroline Ellison.

Transaksi-transaksi ini telah memicu pertanyaan mengenai manajemen keuangan perusahaan, terutama mengingat keruntuhan FTX dan pengawasan hukum yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Setelah Insiden FTX, Temasek Singapura Buat Strategi Baru untuk Investasi Crypto!

Dampak Hukum dan Implikasi Masa Depan

masa depan ftx
Pengajuan pengadilan di Pengadilan Kepailitan AS untuk Distrik Delaware. Sumber: Kroll

Departemen Kehakiman AS telah menuduh Sam Bankman-Fried “memperuntukkan dan menggelapkan deposit pelanggan FTX”, menggunakan dana tersebut untuk berbagai tujuan, termasuk pengayaan pribadi dan donasi politik.

Setelah tuduhan ini, Alameda Research, yang 90% sahamnya dimiliki oleh Bankman-Fried dan 10% oleh co-founder Gary Wang, berada di bawah pengawasan ketat. Dengan berlanjutnya proses hukum, transaksi-transaksi ini dapat menjadi bukti kritis yang berpotensi mengarah pada tindakan hukum lebih lanjut terhadap eksekutif yang terlibat.

Pengungkapan dari pengajuan FTX telah mengungkap jaringan transaksi finansial yang menimbulkan pertanyaan serius tentang tata kelola dan praktik etika di Alameda Research dan FTX.

Dengan jutaan dolar yang ditransfer ke eksekutif dan pembelian mewah seperti yacht, kasus ini telah menarik perhatian dan pengawasan publik. Seiring berlanjutnya proses hukum, pengungkapan ini dapat memiliki dampak jangkauan luas bagi industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: