FTX Menjual Cabang Eropa Seharga $33 Juta, Bagaimana Nasib Kripto?

FTX Menjual Cabang Eropa Seharga $33 Juta, Bagaimana Nasib Kripto?

Pertukaran kripto FTX yang bangkrut telah menyelesaikan perselisihan atas divisi Eropanya, mengembalikan perusahaan tersebut kepada pemilik sebelumnya. Menurut laporan Reuters pada 24 Februari, FTX setuju untuk menjual FTX Eropa kembali kepada para pendirinya seharga $32,7 juta, menunjukkan kesulitan dalam menemukan pembeli lain. Startup Swiss Digital Assets AG (DAAG), yang kemudian diberi nama FTX Eropa, diakuisisi pada tahun 2021 dalam kesepakatan senilai $323 juta. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perselisihan FTX dan Pendiri FTX Eropa

Sebelum menyetujui penjualan, FTX berusaha untuk memulihkan dana yang dihabiskan untuk akuisisi tersebut. Bursa tersebut mengajukan gugatan yang menuduh bahwa pembelian tersebut dibiayai dengan dana pelanggan dan berpendapat bahwa harga akuisisi adalah “pembayaran yang sangat besar.”

Para pendiri startup, Patrick Gruhn dan Robin Matzke, membantah tuduhan tersebut dan melakukan serangan balik, meminta $256,6 juta dari FTX. Reuters melaporkan bahwa perselisihan tersebut akhirnya diselesaikan pada 21 Februari.

Baca Juga: FTX Bangkrut: Tim Hukum Raup Untung, Korban Gigit Jari!

FTX Eropa Bangkrut dan Upaya Penjualan

ftx rencanakan restrukturisasi
Sumber: Reuters

FTX Eropa merupakan bagian dari pengajuan Bab 11 FTX di Amerika Serikat pada November 2022. Sejumlah bursa kripto berusaha untuk mengakuisisi divisi Eropa setelah kebangkrutannya, berharap untuk mendapatkan bagian dari pangsa pasar regional FTX.

Pertukaran kripto Amerika Coinbase, misalnya, berusaha untuk mengakuisisi FTX Eropa pada dua kesempatan, pada November 2022 — setelah bencana dramatis perusahaan induknya — dan pada September 2023. Ada juga minat yang dilaporkan dari perusahaan kripto Trek Labs dan Crypto.com.

Perusahaan tersebut beroperasi di wilayah tersebut hanya selama delapan bulan. Pada bulan Maret 2023, FTX Eropa meluncurkan situs web bagi pelanggan Eropa untuk meminta penarikan untuk pertama kalinya sejak dinyatakan bangkrut.

Baca Juga: FTX Rilis Rencana Restrukturisasi: Rencana Reboot Bursa Offshore di Masa Depan!

FTX dalam Proses Pemulihan

FTX berada dalam tahap akhir dari proses kebangkrutannya, dengan rencana untuk membayar penuh miliaran dolar kepada pelanggannya. Sebagai bagian dari upayanya untuk memulihkan dana bagi kreditor, perusahaan tersebut menerima izin pada 22 Februari untuk membongkar lebih dari $1 miliar saham di perusahaan kecerdasan buatan Anthropic.

Kesimpulan

Penjualan FTX Eropa kembali kepada para pendirinya menandai babak baru dalam saga kebangkrutan FTX. Meskipun perusahaan tersebut menghadapi tantangan yang signifikan, FTX tetap berkomitmen untuk membayar penuh kepada pelanggannya dan memulihkan kepercayaan di pasar kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi