FTX Jual Saham Perusahaan AI Anthropic Senilai Rp20 Triliun, Bisa Bayar Lunas Utang?

FTX Jual Saham Perusahaan AI Anthropic Senilai Rp20 Triliun, Bisa Bayar Lunas Utang?

Crypto exchange FTX yang bangkrut sedang bersiap untuk menjual aset tidak likuidnya yang paling signifikan: 8% saham di perusahaan rintisan AI yang berharga, Anthropic. Perusahaan yang sekarang dipimpin oleh CEO John Ray III telah mengajukan mosi yang meminta hakim untuk menyetujui penjualan saham FTX di Anthropic. Simak berita lengkapnya berikut ini!

FTX Ingin Jual Cepat Saham Anthropic

FTX telah mengajukan mosi ke Pengadilan Kepailitan Amerika Serikat untuk Distrik Delaware untuk menjual Anthropic Series B Preferred Stock, termasuk hak atau kepentingan di dalamnya, yang dimiliki oleh perusahaan saudaranya, Alameda Research.

Mantan CEO bursa, Sam Bankman-Fried, menginvestasikan sekitar $530 juta di Anthropic pada April 2022 — tujuh bulan sebelum kerajaannya runtuh pada November tahun yang sama. Modal yang diinvestasikan dalam perusahaan rintisan AI tersebut awalnya berasal dari simpanan nasabah di FTX, menurut bukti yang diajukan selama persidangan hukum Bankman-Fried pada Oktober 2023.

Baca Juga: Google dan Anthropic Berikan Harapan Baru bagi Kreditor FTX, Apa Dampaknya?

Alameda memegang sekitar 13,56% Anthropic setelah pendanaan Seri B ditutup pada April 2022. Anthropic menerbitkan sekuritas tambahan di putaran pendanaan selanjutnya, sehingga partisipasi Alameda terdilusi menjadi 7,84% pada Januari. Anthropic bernilai $18 miliar per Desember, sehingga saham Alameda di perusahaan tersebut menjadi sekitar $1,4 miliar.

FTX juga berusaha untuk mempersingkat jangka waktu peninjauan untuk mosi penjualannya, menargetkan resolusi dalam pertemuan pengadilan kebangkrutan berikutnya pada 22 Februari.

Upaya FTX Bayar Penuh Utang Nasabah dan Kreditor

ftx jual saham
Sumber: Cointelegraph

Penjualan saham di Anthropic merupakan bagian dari upaya manajemen baru FTX untuk memulihkan dana dan membayar penuh nasabah.

Perwakilan hukum FTX, Andy Dietderich, baru-baru ini mengatakan selama sidang pengadilan bahwa FTX memiliki potensi untuk sepenuhnya mengganti kerugian pengguna dan kreditornya, menolak rencana untuk memulai kembali bursa.

FTX mengajukan mosi serupa pada 1 Februari untuk menjual klaim senilai $175 juta terhadap perusahaan jasa keuangan digital yang bangkrut, Genesis Global Capital.

Baca Juga: OpenAI dan Anthropic Umumkan Rencana Merger, Pertarungan Gigantik di Dunia AI!

FTX Optimis Bisa Bayar Utang

FTX optimis dapat melunasi semua kewajiban kepada nasabah dan kreditornya. Perusahaan berencana untuk menjual aset-asetnya, termasuk saham di Anthropic, untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan. Jika berhasil, FTX akan menjadi salah satu kasus kebangkrutan crypto terbesar yang berhasil diselesaikan.

Kesimpulan

FTX berharap penjualan saham Anthropic akan membantu perusahaan untuk melunasi utangnya dan membayar kembali nasabah dan kreditornya secara penuh. Namun, masih belum jelas apakah FTX akan berhasil dalam upayanya ini. Perusahaan masih menghadapi banyak tantangan, termasuk penyelidikan hukum yang sedang berlangsung dan potensi tuntutan hukum dari investor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi