FTX Lepas Saham GBTC Senilai Jutaan Dolar, Ini yang Sebenarnya Terjadi!

FTX Lepas Saham GBTC Senilai Jutaan Dolar, Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto saat FTX, bursa crypto yang bangkrut, dilaporkan telah menjual sebagian besar sahamnya di Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). Penjualan ini terjadi hanya dalam tiga hari perdagangan pertama setelah GBTC dikonversi menjadi ETF.

Penjualan Saham GBTC oleh FTX

FTX, yang kini dalam proses kebangkrutan, dikabarkan telah melepas lebih dari dua pertiga saham GBTC yang dimilikinya. Sebelumnya, FTX memiliki 22,28 juta saham GBTC yang bernilai sekitar $902 juta.

Penjualan ini terjadi setelah GBTC berubah menjadi ETF, yang memungkinkan harga saham lebih mencerminkan nilai Bitcoin yang sebenarnya. Menurut laporan Bloomberg, penjualan saham GBTC oleh FTX mungkin telah menghasilkan dana segar setidaknya $600 juta.

Baca Juga: FTX: Pelanggan Dapat Klaim Kerugian $9B di Tengah Sidang Pidana CEO FTX

Penjualan ini dilakukan melalui Marex Capital Markets, yang bertindak sebagai broker. Saham GBTC telah diperdagangkan dengan harga rata-rata sekitar $38,19 sejak debutnya sebagai ETF, menandakan penjualan yang cukup menguntungkan bagi FTX.

Kontroversi dan Tuntutan Hukum

ftx rencanakan restrukturisasi
Sumber: investopedia

Sebelum penjualan, Alameda Research, yang juga bagian dari FTX, sempat menggugat Grayscale atas biaya yang dianggap terlalu tinggi. Alameda menuduh Grayscale menerapkan larangan penebusan yang membuat pemegang saham tidak bisa mendapatkan Bitcoin yang seharusnya.

Namun, setelah GBTC menjadi ETF, proses penebusan dibuka, yang memungkinkan harga saham lebih dekat dengan nilai aset Bitcoin yang diwakilinya. Pada tanggal 22 Januari, Alameda secara mengejutkan menarik gugatannya terhadap Grayscale.

Keputusan ini muncul setelah lebih dari $700 juta Bitcoin dijual oleh Grayscale Bitcoin Trust sejak konversi GBTC menjadi ETF. Analis mengklaim bahwa investor meninggalkan dana tersebut karena biaya yang dianggap tinggi.

Paragraf Penutup

Penjualan besar-besaran saham GBTC oleh FTX menandai babak baru dalam saga kebangkrutan bursa crypto tersebut. Dengan dana yang dihasilkan, FTX mungkin dapat membayar sebagian dari hutangnya. Namun, masih banyak pertanyaan yang tersisa mengenai masa depan aset crypto dan bagaimana investor akan bereaksi terhadap perubahan pasar yang dinamis ini.

Baca Juga: Serangan Siber Hantam FTX! Apa yang Harus Kamu Ketahui & Bagaimana Tanggapan FTX?

kuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi