FTX Jual Saham ETF Bitcoin Senilai $1 Miliar, Apa Ini Alasan Pasar Crypto Merah?

FTX Jual Saham ETF Bitcoin Senilai $1 Miliar, Apa Ini Alasan Pasar Crypto Merah?

Dalam dunia crypto yang penuh gejolak, sebuah pengungkapan besar baru saja terjadi. FTX, platform pertukaran crypto yang tengah menghadapi kebangkrutan, dilaporkan telah menjual saham ETF Bitcoin Grayscale senilai hampir $1 miliar. Penjualan besar-besaran ini memberikan pencerahan baru mengenai penurunan harga Bitcoin yang terjadi belakangan ini.

FTX dan Grayscale: Penjualan Besar yang Mempengaruhi Pasar

FTX, yang sedang dalam proses kebangkrutan, telah menyelesaikan penjualan saham ETF Bitcoin Grayscale yang dimilikinya. Penjualan ini mencapai angka yang fantastis, yaitu sekitar $1 miliar, yang menunjukkan pengaruh signifikan terhadap aliran keluar dana dari Grayscale.

Sebelumnya, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) telah beroperasi selama satu dekade sebagai closed-end fund, namun baru-baru ini dikonversi menjadi ETF setelah mendapatkan persetujuan dari SEC. Penjualan oleh FTX ini terjadi di tengah-tengah transisi GBTC menjadi ETF, yang telah lama ditunggu-tunggu oleh investor crypto.

Baca Juga: Serangan Siber Hantam FTX! Apa yang Harus Kamu Ketahui & Bagaimana Tanggapan FTX?

Meskipun ETF baru yang dikeluarkan oleh perusahaan seperti BlackRock dan Fidelity Investment mengalami arus masuk dana, GBTC mengalami penarikan dana dalam jumlah besar. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa FTX bertanggung jawab atas sebagian besar penarikan tersebut, dengan menjual 22 juta saham yang mereka miliki.

Implikasi Harga Bitcoin dan Masa Depan Crypto

ftx jual aset
Sumber: CCN

Penjualan saham ETF Bitcoin oleh FTX telah menimbulkan pertanyaan tentang dampaknya terhadap harga Bitcoin. Sejak persetujuan ETF oleh SEC, harga Bitcoin telah mengalami penurunan, yang bertentangan dengan harapan tinggi sebelumnya.

ETF Bitcoin dianggap sebagai cara yang lebih mudah bagi orang awam untuk berinvestasi dalam Bitcoin, namun kenyataannya, harga Bitcoin malah jatuh. Teori yang berkembang menyatakan bahwa dengan penyelesaian penjualan oleh FTX, tekanan jual di pasar dapat berkurang.

Hal ini karena kejadian penjualan oleh entitas yang sedang bangkrut merupakan peristiwa yang tidak biasa. FTX sendiri diketahui telah memanfaatkan perbedaan harga antara saham trust Grayscale dan nilai aset bersih Bitcoin yang mendasarinya.

Penutupan Kasus dan Masa Depan Grayscale

Dalam perkembangan terkini, Alameda Research, yang terkait dengan FTX, telah secara sukarela menarik gugatan terhadap Grayscale yang menuduh adanya biaya berlebih. Kejadian ini menambahkan babak baru dalam saga Grayscale dan FTX.

Meskipun pasar crypto masih menghadapi ketidakpastian, penjualan saham ETF Bitcoin oleh FTX telah memberikan sedikit kejelasan tentang dinamika yang mempengaruhi harga Bitcoin saat ini.

Baca Juga: FTX: Pelanggan Dapat Klaim Kerugian $9B di Tengah Sidang Pidana CEO FTX

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi