FTX Jual Saham Anthropic Senilai $1 Miliar untuk Bayar Kreditur

FTX Jual Saham Anthropic Senilai $1 Miliar untuk Bayar Kreditur

FTX, bursa kripto yang bangkrut, telah mendapat persetujuan hakim untuk menjual lebih dari $1 miliar sahamnya di perusahaan rintisan kecerdasan buatan Anthropic. Hakim Pengadilan Kepailitan Delaware, John Dorsey, memutuskan dalam sidang pada 22 Februari bahwa penjualan dapat dilanjutkan setelah FTX membuat konsesi dengan beberapa pelanggan yang keberatan dengan penjualan tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Persetujuan Penjualan Saham Anthropic

Para pelanggan mengklaim bahwa saham Anthropic bukan milik FTX, dengan mengatakan bahwa saham tersebut dibeli dengan dana pelanggan yang disalahgunakan, mengutip bukti yang diajukan selama persidangan pidana salah satu pendiri FTX, Sam Bankman-Fried. Namun, mereka menyetujui penjualan tersebut jika mereka nantinya diizinkan untuk mengklaim uang dari penjualan tersebut untuk pengguna FTX.

Pengacara FTX dari Sullivan & Cromwell, Andrew Dietderich, mengatakan di pengadilan bahwa pihaknya menjual saham Anthropic, “karena kami menjual semuanya dan menyimpan uangnya di bank.” Ia menambahkan bahwa FTX akan membayar kembali pengguna dengan dana dari penjualan saham Anthropic dan akan menambahkannya ke $6,4 miliar yang saat ini disimpan di bank — lebih dari cukup untuk membayar siapa pun yang dapat membuktikan bahwa mereka memiliki potongan dari hasil penjualan.

Baca Juga: FTX Bangkrut: Tim Hukum Raup Untung, Korban Gigit Jari!

Nilai Saham Anthropic Melonjak

penjualan saham anthropic
Sumber: Akun X Mo Hossain

FTX mengajukan mosi awal bulan ini untuk menjual 7,84% saham Anthropic. Perusahaan ini pertama kali menginvestasikan sekitar $530 juta ke perusahaan rintisan AI tersebut pada April 2022, beberapa bulan sebelum runtuh dan mengajukan kebangkrutan Bab 11 pada November tahun itu.

Sahamnya terdilusi dari lebih dari 13,5% setelah putaran pendanaan tambahan Anthropic. The Information melaporkan pada 16 Februari bahwa putaran terbaru Anthropic melihat valuasinya ditetapkan pada $15 miliar, menaikkan nilai saham FTX menjadi lebih dari $1,1 miliar. Dietderich mengatakan kepada pengadilan bulan lalu bahwa FTX memperkirakan dapat membayar penuh kreditur dan membatalkan rencana untuk memulai kembali bursa.

Baca Juga: FTX Jual Saham Perusahaan AI Anthropic Senilai Rp20 Triliun, Bisa Bayar Lunas Utang?

Pembayaran Kreditor Berdasarkan Harga Kripto Saat Kebangkrutan

Namun, pembayaran kembali kreditur akan didasarkan pada harga kripto pada saat kebangkrutan FTX lebih dari 15 bulan lalu, ketika Bitcoin (BTC) diperdagangkan sekitar $16.800 — sekarang lebih dari $51.000, meningkat lebih dari 200%. Sementara itu, Bankman-Fried akan dijatuhi hukuman pada 28 Maret setelah ia dinyatakan bersalah mencuri lebih dari $8 miliar dana pelanggan.

Mantan bos FTX itu tetap mempertahankan ketidakbersalahannya dan mengatakan akan mengajukan banding atas hukumannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi