Alami Kebangkrutan, FTX Jual Perusahaan Kustodian Digital dengan Harga Murah!

author:

Alami Kebangkrutan, FTX Jual Perusahaan Kustodian Digital dengan Harga Murah!

Perusahaan aset kripto FTX yang sedang dalam proses kebangkrutan, telah memulai proses penjualan anak perusahaan kustodian digitalnya, Digital Custody Inc. (DCI), kepada CoinList.

FTX sebelumnya telah mengakuisisi DCI dalam dua transaksi terpisah, satu pada Desember 2021 dan yang lainnya pada Agustus 2022, dengan total $10 juta. Namun, CoinList kini akan mengakuisisi DCI dengan harga yang jauh lebih rendah, yaitu $500.000.

FTX Jual DCI dengan Harga Murah

Sumber: X

Pembiayaan untuk kesepakatan ini akan diberikan oleh Terence J. Culver, CEO dan penjual asli Digital Custody.

Baca juga: FTX Bangkrut: Tim Hukum Raup Untung, Korban Gigit Jari!

Menurut pengacara FTX, akuisisi DCI dimaksudkan untuk menawarkan layanan kustodian untuk FTX.US dan LedgerX.

Namun, karena pengajuan kebangkrutan oleh mantan CEO Sam Bankman-Fried pada November 2022, integrasi DCI ke dalam ekosistem FTX tidak pernah terwujud, membuat anak perusahaan tersebut pada dasarnya tidak berharga bagi FTX.

DCI Miliki Lisensi dari South Dakota Division of Banking

Meskipun nilainya terbatas bagi FTX, Digital Custody masih memegang lisensi dari South Dakota Division of Banking, yang memungkinkannya untuk menyediakan layanan kustodian.

Setelah menerima tawaran dari tiga pihak yang berminat, termasuk Culver, Debtors memilih CoinList sebagai pembeli pilihan berdasarkan penawaran mereka yang lebih unggul, kemampuan untuk menyelesaikan transaksi dengan cepat, dan hubungan mereka yang sudah ada dengan Culver.

Baca juga: FTX Jual Saham Perusahaan AI Anthropic Senilai Rp20 Triliun, Bisa Bayar Lunas Utang?

CoinList Diharapkan Percepat Persetujuan Regulasi

Debtors percaya bahwa hubungan CoinList dengan Culver akan menguntungkan dalam mempercepat persetujuan peraturan untuk penjualan tersebut. Pengacara FTX telah mengungkapkan bahwa baik Komite maupun Komite Ad Hoc Nasabah Non-AS FTX.com telah menyetujui transaksi tersebut.

Namun, sebagai bagian dari perjanjian, FTX berhak untuk mempertimbangkan penawaran yang lebih menguntungkan untuk DCI hingga tiga hari sebelum penutupan kesepakatan. Biaya pemutusan terbalik sebesar $50.000 akan dikenakan jika pembeli gagal menyelesaikan transaksi.

Secara keseluruhan, penjualan Digital Custody Inc. (DCI) oleh FTX kepada CoinList dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga akuisisi sebelumnya, menandakan kesulitan finansial yang dihadapi FTX.

Meskipun DCI memiliki lisensi dari South Dakota Division of Banking, namun kegagalan integrasi dengan ekosistem FTX membuat nilainya terbatas. CoinList diharapkan dapat mempercepat proses persetujuan regulasi untuk penjualan tersebut, mengingat hubungan mereka dengan Culver, penjual asli DCI.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CCN