FTX Dapat Lampu Hijau Jual Aset Senilai $873 Juta untuk Lunasi Utang!

FTX Dapat Lampu Hijau Jual Aset Senilai $873 Juta untuk Lunasi Utang!

Kabar terbaru datang dari bursa crypto FTX yang mendapatkan persetujuan untuk menjual aset senilai $873 juta. Penjualan ini bertujuan untuk membayar kembali kreditur yang terdampak oleh kebangkrutan perusahaan pada tahun 2022. Aset yang dijual mencakup saham di berbagai trust yang dikelola oleh Grayscale Investments dan Bitwise. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penjualan Aset Besar-Besaran

ftx aset
Perintah yang mengotorisasi FTX Trading untuk menjual aset perwalian. Sumber: Kroll

FTX, yang mengalami kebangkrutan, kini mendapat izin dari pengadilan untuk melepas asetnya yang bernilai hampir $873 juta. Aset-aset ini terdiri dari saham di trust yang dikelola oleh Grayscale Investments senilai $807 juta dan Bitwise senilai $66 juta.

Penjualan ini diharapkan dapat mengembalikan dana para kreditur yang terkena dampak dari kejatuhan FTX. Persetujuan penjualan ini diberikan setelah para debitur FTX mengajukan permohonan pada tanggal 3 November kepada Hakim John Dorsey.

Aset yang diizinkan untuk dijual termasuk Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) dan Grayscale Ethereum Trust (ETHE), serta Bitwise 10 Crypto Index Fund. FTX memiliki lebih dari 22 juta unit GBTC yang kini bernilai $691 juta dan 6,3 juta saham ETHE senilai sekitar $106 juta.

Baca Juga: FTX Bangkit Kembali? FTT Melonjak 65% Pasca Komentar Gensler dari SEC

Pemulihan Aset dan Keadilan untuk Kreditur

pemulihan aset ftx
Saham FTX di Grayscale dan Bitwise bernilai $744 juta pada 25 Oktober, tetapi nilainya telah meningkat sejak saat itu. Sumber: Kroll

Administrator FTX, yang dipimpin oleh John J. Ray III, telah bekerja keras untuk memulihkan aset sejak keruntuhan kerajaan Sam Bankman-Fried pada November 2022. Hingga saat ini, sekitar $7 miliar aset telah berhasil dikumpulkan, dengan hampir setengahnya berasal dari crypto senilai $3,4 miliar.

Upaya ini merupakan bagian dari proses pemulihan untuk memastikan kreditur mendapatkan kembali dana mereka. Pada bulan Juni, debitur FTX memperkirakan total aset pelanggan yang disalahgunakan mencapai $8,7 miliar.

Sementara itu, Bankman-Fried telah dihukum atas tujuh tuduhan terkait penipuan pada 2 November dan dijadwalkan akan dijatuhi hukuman pada 28 Maret 2024. Saat ini, ia ditahan di Metropolitan Detention Center Brooklyn, di mana ia baru-baru ini membayar empat mackerel untuk mendapatkan potongan rambut.

Persetujuan penjualan aset FTX menjadi langkah penting dalam proses pemulihan dana kreditur. Dengan adanya penjualan aset trust dari Grayscale dan Bitwise, diharapkan para kreditur dapat segera menerima kompensasi atas kerugian yang mereka alami. Proses hukum yang sedang berlangsung juga diharapkan dapat memberikan keadilan bagi semua pihak yang terdampak.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: