FTX Jual Aset Senilai $744 Juta untuk Lunasi Hutang, Apa yang Harus Kamu Ketahui?

FTX Jual Aset Senilai $744 Juta untuk Lunasi Hutang, Apa yang Harus Kamu Ketahui?

FTX, bursa crypto yang bangkrut, berupaya menjual aset trust senilai $744 juta. Langkah ini diambil setelah pengadilan mengizinkan penjualan aset crypto senilai hampir $3,4 miliar pada September lalu. Aset yang dijual mencakup investasi dari Grayscale dan Bitwise. Simak berita lengkapnya berikut ini!

FTX Berjuang untuk Melunasi Hutang

aset ftx
Perincian aset Trust Grayscale dan Bitwise. Sumber: Kroll

FTX telah mengajukan permohonan kepada pengadilan kebangkrutan di Delaware untuk menjual aset trust tertentu, termasuk dari manajer aset crypto Grayscale Investments dan penyedia layanan custodian Bitwise, yang bernilai sekitar $744 juta.

Dalam pengajuan pengadilan yang bertanggal 3 November, debitur FTX meminta pengadilan untuk mengizinkan mereka menjual aset trust untuk mempersiapkan “distribusi dolarisasi yang akan datang kepada kreditur.”

Aset trust ini dipegang dalam satu trust Bitwise senilai $53 juta dan lima trust Grayscale senilai $691 juta. Trust ini bertindak sebagai instrumen onboarding bagi investor untuk mendapatkan eksposur crypto tanpa memiliki aset tersebut.

Baca Juga: FTX: Pelanggan Dapat Klaim Kerugian $9B di Tengah Sidang Pidana CEO FTX

Sam Bankman-Fried Dinyatakan Bersalah

Proses kebangkrutan FTX berlangsung seiring dengan mantan CEO-nya, Sam Bankman-Fried, dinyatakan bersalah oleh juri dalam semua tujuh dakwaan selama persidangan pidana di New York.

Bankman-Fried dinyatakan bersalah atas dua dakwaan wire fraud, dua dakwaan konspirasi wire fraud, satu dakwaan penipuan sekuritas, satu dakwaan konspirasi penipuan komoditas, dan satu dakwaan konspirasi pencucian uang. Hakim dijadwalkan untuk menjatuhkan hukuman dalam kasus ini pada 28 Maret 2024.

Baca Juga: Serangan Siber Hantam FTX! Apa yang Harus Kamu Ketahui & Bagaimana Tanggapan FTX?

FTX 2.0: Jalan Keluar?

CEO baru FTX, John Ray III, mengumumkan proses penawaran reboot FTX. Penawar memiliki waktu hingga akhir pekan ini untuk mengajukan surat minat. FTX sedang dalam pembicaraan dengan investor untuk merumuskan proposal dan membuat keputusan pada pertengahan Desember.

Runtuhnya FTX menyoroti tantangan yang dihadapi perusahaan besar dalam menangani likuiditas dan pengawasan regulasi. Penjualan aset yang diusulkan mewakili titik balik bagi FTX dan krediturnya dan bisa menetapkan preseden untuk pengajuan kebangkrutan di industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: