Kontroversi Pajak FTX: Kegelisahan Akibat Tindakan IRS Menggoyang Industri Crypto

author:

Kontroversi Pajak FTX: Kegelisahan Akibat Tindakan IRS Menggoyang Industri Crypto

Konflik pajak antara FTX dan IRS semakin memuncak. Tuntutan pajak yang mencapai angka $24 miliar dari IRS kepada FTX menimbulkan kecemasan yang mendalam, terutama terkait potensi pengurangan dana yang seharusnya dikembalikan kepada para investor yang dirugikan.

Apa yang akan terjadi pada dana pengguna yang terperangkap dalam skandal pajak ini?

Tuntutan Pajak yang Mengejutkan

beli-stepn-kena-pajak-30-persen
Sumber: Unsplash

FTX, platform pertukaran crypto yang telah mengajukan kebangkrutan, saat ini berada di tengah-tengah tuntutan pajak yang sangat besar dari IRS, yaitu sebesar $24 miliar. Tim hukum FTX menantang IRS untuk memperjelas dan membuktikan dasar tuntutan pajak yang mengejutkan ini.

Baca juga: Tim IRS Melaporkan Peningkatan Tajam Investigasi Pajak Crypto!

FTX, yang berpendapat bahwa mereka tidak memiliki kewajiban pajak yang belum terbayar, menganggap tuntutan dari IRS sebagai sesuatu yang tidak rasional dan berpotensi menghambat proses pengembalian dana kepada para investor yang telah dirugikan.

Sebelumnya, IRS telah mengajukan angka yang lebih tinggi, yaitu $44 miliar pada bulan April, yang kemudian direvisi menjadi $43 miliar pada bulan September, dan akhirnya ditetapkan pada $24 miliar di bulan November.

Tuntutan ini mencakup berbagai jenis pajak, termasuk pajak penghasilan dan pajak pekerjaan, serta denda yang berkaitan dengan periode tahun 2018 hingga 2022. Meskipun IRS masih melakukan audit, FTX bersikeras bahwa tuntutan tersebut tidak didasarkan pada alasan hukum yang solid.

Dampak pada Korban FTX

Jika tuntutan IRS ini diterima, akan ada dampak yang sangat besar terhadap dana yang seharusnya dikembalikan kepada kreditur dan investor yang menjadi korban FTX. Para pengacara dari FTX menyatakan bahwa tuntutan pajak ini dapat menghapus peluang bagi kreditur, yang juga merupakan korban dari skema penipuan, untuk menerima kompensasi yang signifikan.

Baca juga: FTX Bangkit Kembali? FTT Melonjak 65% Pasca Komentar Gensler dari SEC

Keadaan ini menambah kerumitan dalam proses kebangkrutan FTX yang sudah sangat kompleks. Sampai saat ini, para administrator dari FTX telah berhasil mengamankan kembali aset senilai sekitar $7 miliar, yang di antaranya termasuk $3,4 miliar dalam bentuk crypto.

Namun, dengan adanya tuntutan dari IRS, proses audit yang mungkin membutuhkan waktu hingga delapan bulan lebih, dan sidang yang akan datang, masa depan dana para korban FTX masih belum jelas.

Secara keseluruhan, perkara antara FTX dan IRS ini menarik perhatian global, tidak hanya dari kalangan investor crypto, tetapi juga dari mereka yang memperhatikan perkembangan regulasi dan kepatuhan pajak di zaman yang serba digital ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: