Pertarungan Raksasa Crypto, FTX Gugat LayerZero Labs di Tengah Krisis Keuangan!

author:

Pertarungan Raksasa Crypto, FTX Gugat LayerZero Labs di Tengah Krisis Keuangan!

Krisis keuangan yang melanda FTX telah memicu pertarungan hukum besar-besaran dengan LayerZero Labs. Dengan tuduhan penarikan dana ilegal dan transaksi yang mencurigakan, kasus ini menyoroti tantangan dan risiko yang ada di dunia crypto yang seringkali tidak terlihat oleh publik.

Apa yang Terjadi antara FTX dan LayerZero Labs?

ftx gugat layerzero labs
Sumber: CoinMarketCap

FTX, yang dikenal sebagai salah satu bursa crypto terkemuka, mengajukan gugatan terhadap LayerZero Labs. Mereka berusaha untuk memulihkan dana sebesar $21 juta yang diduga ditarik secara ilegal sebelum FTX mengalami kebangkrutan pada bulan November 2022 lalu.

Baca juga: Tenet dan LayerZero Berkolaborasi untuk Mendorong Adopsi Liquid Staking Lintas Rantai!

Menurut laporan, kasus ini berpusat pada transaksi yang terjadi antara Alameda Ventures (cabang modal ventura dari Alameda Research, perusahaan saudara FTX) dan LayerZero dari Januari hingga Mei 2022.

Menurut dokumen pengadilan, Alameda Ventures membayar lebih dari $70 juta dalam dua transaksi untuk memperoleh saham sekitar 4,92% di LayerZero. Selain itu, pada bulan Maret, Alameda Ventures membayar $25 juta tambahan untuk 100 juta token STG.

Transaksi Kontroversial dan Tuduhan Penipuan

ftx gugat layerzero labs
Sumber: The Block

Ketika krisis FTX terungkap pada awal November, LayerZero berusaha untuk mendapatkan kembali sahamnya yang dimiliki oleh Alameda. Kesepakatan tersebut mencakup pengembalian saham kepada LayerZero sebagai gantinya mengampuni pinjaman $45 juta.

FTX menuduh dalam gugatannya bahwa LayerZero memanfaatkan Alameda Ventures selama krisis likuiditas: “LayerZero sangat menyadari bahwa Alameda Research menghadapi krisis likuiditas,” sebagaimana dikutip dari dokumen pengadilan.

Selain itu, gugatan tersebut juga mencari pengembalian dana yang ditarik beberapa hari sebelum pengajuan kebangkrutan FTX, termasuk sekitar $21,37 juta dari LayerZero Labs.

Baca juga: Meski Diterpa Badai Hukum Antar Pendiri, Gala Games Tetap Optimis!

Hubungan Dekat yang Berakhir dengan Pertikaian

Sebelumnya, FTX dan LayerZero Labs pernah memiliki hubungan yang erat. FTX Group bahkan pernah mengatur akomodasi selama beberapa bulan di Bahamas untuk karyawan LayerZero dan keluarganya.

Namun, hubungan baik ini tampaknya berakhir dengan pertikaian hukum. FTX telah menggugat sejumlah perusahaan dan individu dalam beberapa minggu terakhir dalam upaya untuk memulihkan dana bagi krediturnya.

LayerZero diduga menarik $21 juta dari akunnya di FTX.com sebelum krisis FTX menjadi publik. Selain itu, gugatan tersebut juga menyoroti penarikan dana oleh Ari Litan, mantan COO LayerZero, sebelum pengajuan kebangkrutan FTX.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: