FTX Siap Melikuidasi Aset Crypto Senilai $3,4 Miliar! Gimana Nasib Solana dan Altcoin Lainnya?

FTX Siap Melikuidasi Aset Crypto Senilai $3,4 Miliar! Gimana Nasib Solana dan Altcoin Lainnya?

Pasar crypto sedang bergolak dengan berita besar bahwa bursa crypto FTX, yang sedang bangkrut, telah mendapatkan persetujuan pengadilan untuk melikuidasi aset crypto mereka senilai lebih dari $3,4 miliar. Keputusan ini telah memicu spekulasi dan kekhawatiran di kalangan investor tentang dampak potensial pada pasar. Simka berita lengkapnya berikut ini!

Latar Belakang Keputusan Pengadilan

FTX, yang tengah menghadapi kesulitan keuangan, telah mengajukan permohonan kepada pengadilan untuk mendapatkan izin melikuidasi aset crypto mereka. Keputusan ini diambil dengan harapan untuk mengurangi risiko dan menghasilkan keuntungan dari aset digital yang tidak digunakan demi kepentingan kreditur dan pihak yang berkepentingan.

Meskipun ada kekhawatiran tentang dampak potensial dari likuidasi besar-besaran ini pada pasar, beberapa analis percaya bahwa dampaknya mungkin sudah diperhitungkan dalam harga pasar saat ini.

FTX memiliki aset crypto yang mencakup beberapa cryptocurrency utama seperti SOL (Solana), BTC (Bitcoin), ETH (Ethereum), dan lainnya.

Baca Juga: Pergerakan Dana FTX Terungkap: Pembelian Yacht Mewah Hingga Transfer Tunai Besar-besaran!

Dampak Potensial pada Altcoin

kepemilikan crypto ftx
Kepemilikan Crypto FTX. Sumber: TheDeFi Investor

Menurut BeIncrypto, salah satu kekhawatiran terbesar adalah dampak dari likuidasi ini pada altcoin, terutama Solana (SOL). Rekaman menunjukkan bahwa Solana merupakan bagian terbesar dari aset FTX, dengan nilai sekitar $685 juta.

Meskipun ada kecemasan tentang potensi penjualan besar-besaran Solana, diperkirakan bahwa sebagian besar SOL sudah di-stake, sehingga tidak tersedia untuk dijual.

Selain Solana, ada juga kekhawatiran tentang dampak likuidasi pada cryptocurrency lainnya seperti Dogecoin, Polygon (MATIC), XRP, dan lainnya.

Baca Juga: Pertarungan Raksasa Crypto, FTX Gugat LayerZero Labs di Tengah Krisis Keuangan!

Langkah Pemulihan FTX

Di tengah kesulitan keuangan, FTX telah melakukan serangkaian manuver hukum untuk memulihkan aset. Salah satunya adalah dengan mengajukan gugatan terhadap LayerZero, platform interoperabilitas omnichain, dengan harapan mendapatkan kembali $21 juta.

Selain itu, FTX juga telah mengambil langkah hukum terhadap Ari Litan, COO LayerZero, menuntut $13 juta dan mengejar $6,5 juta dari perusahaan milik Litan, Skip & Goose.

FTX juga dikabarkan sedang meninjau kembali biaya promosi yang diberikan kepada selebriti olahraga seperti Naomi Osaka dan Shaquille O’Neal.

Keputusan pengadilan untuk mengizinkan FTX melikuidasi aset crypto mereka merupakan perkembangan penting dalam lanskap crypto. Dengan banyak mata di pasar, akan menarik untuk melihat bagaimana situasi ini berkembang dan dampak jangka panjangnya pada industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: