Terungkap! Ini Rencana Besar FSB untuk Regulasi Crypto dan Pembayaran Lintas Negara 2024

author:

Terungkap! Ini Rencana Besar FSB untuk Regulasi Crypto dan Pembayaran Lintas Negara 2024

Dunia keuangan global bersiap menghadapi era baru dengan pengumuman roadmap 2024 oleh Financial Stability Board (FSB). Sebagai lembaga keuangan internasional yang dibentuk oleh G20, FSB mengungkap rencana strategisnya yang menitikberatkan pada regulasi crypto, pembayaran lintas negara, dan peningkatan stabilitas keuangan global.

Dengan fokus pada digitalisasi dan harmonisasi, FSB bertekad mengatasi kerentanan pasar keuangan yang semakin meningkat.

Regulasi Crypto di Bawah Radar FSB

regulasi crypto fsb
Sumber: X

FSB menyoroti pentingnya stabilitas keuangan dalam roadmap terbarunya, mengakui bahwa pasar keuangan, termasuk pasar crypto, menghadapi tantangan yang memerlukan kerja sama global.

Baca juga: Terobosan Jepang dalam Web3: Kebijakan Baru yang Akan Mengubah Masa Depan!

Laporan tersebut menunjukkan bahwa FSB akan mengidentifikasi dan menangani risiko yang muncul, serta meningkatkan pemantauan terhadap kerentanan yang ditimbulkan oleh teknologi baru dan intermediasi keuangan non-bank. Dalam upaya memperkuat regulasi crypto, FSB berencana mengeluarkan rekomendasi baru sepanjang tahun ini.

Laporan kemajuan akan disampaikan dalam beberapa fase, termasuk persiapan laporan data tahunan tentang target kuantitatif. FSB juga akan mendukung interoperabilitas model pembayaran lintas negara dan memperluas regulasi global bagi bank dan non-bank yang terjun ke sektor ini.

Pembayaran Lintas Negara yang Lebih Cepat

fsb
Sumber: Crypto Adventure

Pembayaran lintas negara menjadi topik utama di G20 dan FSB tahun lalu, dengan kedua kelompok tersebut berkolaborasi dalam menyusun template dan aturan komprehensif untuk mencapai semua tujuan sebelum tahun 2027.

FSB, bekerja sama dengan Committee on Payments and Market Infrastructure (CPMI), berkomitmen untuk melanjutkan pengembangan di tahun ini guna membimbing semua pemain pasar. Kerja sama sektor publik dan swasta menjadi kunci, termasuk melalui Payments Summit dan Taskforce yang didirikan pada tahun 2023.

FSB akan memanfaatkan inovasi di pasar crypto, tokenisasi, Kecerdasan Buatan (AI), dan stablecoin global yang dapat diterapkan di berbagai yurisdiksi.

Baca juga: Terungkap, Mt. Gox Mulai Proses Pembayaran Bitcoin ke Kreditur!

Analisis Dampak Finansial dan Inovasi AI

Seiring dengan meningkatnya pendekatan mainstream untuk mentokenisasi aset nyata, investasi oleh bank-bank besar yang menerapkan teknologi blockchain menjadi fokus FSB. Dewan ini diharapkan untuk menganalisis implikasi finansial yang ditimbulkan oleh pasar ini.

Upaya serupa juga akan terlihat dalam solusi AI, serangan siber, pelaporan insiden, dan risiko yang ditimbulkan oleh perubahan iklim terhadap pasar keuangan. Tahun lalu, FSB telah merilis rekomendasi untuk perusahaan crypto dan operasi stablecoin. Rekomendasi tersebut menekankan bahwa perusahaan tidak boleh mencampuradukkan aset pengguna dengan dana perusahaan.

Lebih penting lagi, perusahaan crypto harus mengungkapkan semua informasi yang diperlukan kepada otoritas dan menekankan pentingnya pengaturan aset cadangan 1:1 untuk stablecoin guna menghindari kerugian investor.

Secara keseluruhan, roadmap FSB 2024 menjadi tonggak penting dalam upaya menciptakan kerangka kerja keuangan global yang lebih stabil dan terintegrasi. Dengan langkah-langkah yang telah direncanakan, dunia dapat mengharapkan kemajuan signifikan dalam regulasi crypto dan efisiensi pembayaran lintas negara.

Kita semua menantikan bagaimana rencana ini akan diimplementasikan dan dampaknya terhadap perekonomian global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: