FSB Bakal Standarisasi Pelaporan Insiden Global untuk Lembaga yang Berkecimpung dalam Kripto!

FSB Bakal Standarisasi Pelaporan Insiden Global untuk Lembaga yang Berkecimpung dalam Kripto!

Dewan Stabilitas Keuangan (FSB) tengah berupaya untuk menstandarisasi pelaporan insiden bagi lembaga-lembaga yang berurusan dengan aset kripto sebagai bagian dari dukungannya terhadap peta jalan aset kripto G20. Rencana FSB mencakup fokus pada tokenisasi aset dan menangani area prioritas seperti intermediasi keuangan non-bank, perubahan iklim, dan pembayaran lintas batas.

FSB bertujuan untuk menyampaikan laporan tentang implikasi stabilitas keuangan dari tokenisasi aset dan AI pada tahun 2024. Kolaborasi dengan Dana Moneter Internasional telah menghasilkan dukungan terhadap kerangka peraturan global untuk aset kripto.

FSB juga berencana untuk mengusulkan format pertukaran pelaporan insiden untuk meningkatkan berbagi informasi di antara lembaga dan lembaga keuangan. Selain itu, FSB akan membahas persyaratan Anti-Pencucian Uang dan Kenali Pelanggan Anda dalam pembayaran lintas batas. Simak berita lengkapnya berikut ini!

FSB Fokus pada Tokenisasi Aset dan AI

Dewan Stabilitas Keuangan (FSB) akan menyampaikan laporan tentang tokenisasi aset dan AI pada akhir tahun 2024, menurut Ketua Klaas Knot. Surat Ketua FSB Klaas Knot kepada Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20Brasil menguraikan program kerja FSB selama Presidensi G20 Brasil.

Namun, FSB memiliki strategi yang telah disiapkan sebagaimana dijelaskan Knot dalam surat tersebut, yang dimaksudkan sebagai persiapan untuk pertemuan para menteri dan bankir yang dijadwalkan pada 28-29 Februari di São Paulo, Brasil.

Area prioritas bagi FSB pada tahun 2024 akan mencakup intermediasi keuangan non-bank, perubahan iklim, pembayaran lintas batas, serta tokenisasi aset dan AI, Knot mencatat dalam surat tersebut.

Baca Juga: Terungkap! Ini Rencana Besar FSB untuk Regulasi Crypto dan Pembayaran Lintas Negara 2024

Pelaporan Insiden

pelaporan insiden fsb
Sumber: Akun X The Fsb

FSB juga bertujuan untuk mengusulkan format standar untuk pelaporan insiden dengan memfasilitasi berbagi laporan insiden secara simultan di antara berbagai lembaga dan lembaga keuangan, kata Knot.

“Akselerasi digitalisasi di semua bagian keuangan telah meningkatkan efisiensi tetapi juga meningkatkan keterkaitan sistem keuangan global,” kata surat itu. “Hal ini meningkatkan kemungkinan insiden siber atau operasional di satu lembaga keuangan memiliki efek limpahan lintas batas dan sektor.” Knot juga mencatat dalam surat tersebut bahwa FSB akan berupaya untuk mengatasi Anti-Pencucian Uang dan Kenali Pelanggan Anda sebagai bagian dari upayanya dalam pembayaran lintas batas.

G20 menyatukan 19 negara bersama dengan Uni Eropa dan Uni Afrika. Brasil telah mengambil alih presidensi G20 untuk tahun 2024, menggantikan India, yang merupakan pemimpin G20 pertama yang menggarisbawahi pentingnya regulasi kripto global. Afrika Selatan dijadwalkan untuk mengambil alih kepemimpinan G20 pada tahun 2025.

FSB adalah organisasi internasional yang didirikan pada tahun 2009, menggantikan Forum Stabilitas Keuangan. Terdiri dari bank sentral dan otoritas keuangan dari ekonomi utama, memantau dan merekomendasikan kebijakan untuk meningkatkan stabilitas keuangan global, mengidentifikasi risiko, dan mempromosikan implementasi langkah-langkah untuk melindungi terhadap ancaman sistemik.

Kesimpulan

Dewan Stabilitas Keuangan (FSB) sedang bekerja untuk menstandarisasi pelaporan insiden untuk lembaga-lembaga yang berurusan dengan aset kripto. FSB juga berencana untuk mengusulkan format pertukaran pelaporan insiden untuk meningkatkan berbagi informasi di antara lembaga dan lembaga keuangan. Selain itu, FSB akan membahas persyaratan Anti-Pencucian Uang dan Kenali Pelanggan Anda dalam pembayaran lintas batas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi