Pendapatan Friend.Tech Melonjak, Stabilitas Ethereum Terancam?

Pendapatan Friend.Tech Melonjak, Stabilitas Ethereum Terancam?

Platform DeFi terbaru, Friend.Tech, telah mencapai tonggak penting dengan pendapatan yang melampaui 10.000 ETH. Namun, di tengah keberhasilan ini, Ethereum menghadapi ancaman serius yang dapat mengguncang stabilitasnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Prestasi Mengesankan Friend.Tech

prestasi friendtech

Friend.Tech baru saja mencapai tonggak penting dengan pendapatan yang melampaui 10.000 ETH, tepatnya mencapai 10.692,125 ETH.

Salah satu faktor penting dari keberhasilan Friend.Tech adalah bot perdagangan otomatis mereka, yang telah menghasilkan pendapatan sebesar $5,9 juta, atau 34% dari total pendapatan para pembuatnya.

Selain pendapatan, Friend.Tech juga melihat peningkatan signifikan dalam Total Value Locked (TVL) mereka. TVL telah meningkat menjadi lebih dari 30.000 ETH, tepatnya mencapai 30.240 ETH.

Baca Juga: Kenapa Ethereum Lebih Menjanjikan Dibanding Bitcoin? Ini Kata CIO Bitwise!

Tantangan yang Dihadapi Ethereum

stabilitas ethereum
Sumber: Token Metrics

Namun, di tengah keberhasilan Friend.Tech, Ethereum menghadapi ancaman serius. Dalam laporan penelitian terbaru, JPMorgan menyoroti kekhawatiran tentang peningkatan sentralisasi dalam jaringan Ethereum setelah Merge dan upgrade Shanghai.

“Peningkatan staking Ethereum sejak Merge dan upgrade Shanghai telah berdampak pada biaya karena jaringan Ethereum menjadi lebih terpusat dan hasil staking secara keseluruhan menurun,” tulis analis JPMorgan.

Lido muncul sebagai harapan dalam upaya desentralisasi. Platform ini telah secara strategis menambah lebih banyak operator node untuk memastikan bahwa tidak ada entitas tunggal yang memiliki kontrol berlebih atas Ether yang di-stake. Menurut bank Wall Street, konsentrasi seperti ini berpotensi mengarah ke hasil yang merugikan, termasuk menciptakan oligopoli yang mengabaikan kepentingan komunitas.

Akhirnya, perkembangan ini juga telah mempengaruhi daya tarik Ethereum dari perspektif hasil, karena total hasil staking telah turun dari 7,3% sebelum upgrade Shanghai menjadi sekitar 5,5%. Dengan latar belakang peningkatan hasil di aset keuangan tradisional, kekhawatiran sentralisasi Ethereum membutuhkan perhatian segera untuk melindungi prinsip dan keamanan inti jaringan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: