Heboh! Friend.tech Pindahkan Setengah Pendapatan ke Coinbase Saat TVL Terjun Bebas

author:

Heboh! Friend.tech Pindahkan Setengah Pendapatan ke Coinbase Saat TVL Terjun Bebas

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto saat Friend.tech, jaringan sosial desentralisasi, mengalami penurunan nilai total terkunci (TVL) hingga 50%. Tom Wan, analis on-chain dari 21.co, mengungkapkan bahwa kegiatan harian yang berkaitan dengan pencetakan kunci di Friend.tech menunjukkan penurunan signifikan.

Hal ini terjadi bersamaan dengan pemindahan hampir setengah dari pendapatan yang diperoleh, sejumlah 7.800 ETH atau setara dengan $16,6 juta, ke bursa crypto terpusat, Coinbase.

Penurunan Drastis TVL Friend.tech

Pada masa kejayaannya, Friend.tech berhasil mengumpulkan aset terkunci hingga 30.000 ETH, yang bernilai sekitar $50 juta. Namun, angka tersebut kini telah terpangkas menjadi 15.000 ETH, atau sekitar $33 juta, menandakan penurunan yang cukup dramatis.

Baca juga: Sempat Viral di Komunitas Crypto, Kini Friend.tech Dinyatakan “Mati”, Kok Bisa?

Penurunan ini tidak hanya berdampak pada nilai aset, tetapi juga pada kepercayaan pengguna terhadap platform. Kegiatan pencetakan kunci harian yang menjadi indikator aktivitas di Friend.tech kini terlihat sepi. Lebih banyak pengguna yang memilih untuk menebus daripada mencetak kunci baru.

Hal ini menunjukkan adanya pergeseran minat yang signifikan dari pengguna, yang sebelumnya aktif berpartisipasi dalam ekosistem Friend.tech.

Pemindahan Aset ke Coinbase

total volume coinbase
Sumber: CNBC

Langkah Friend.tech untuk memindahkan sebagian besar pendapatannya ke Coinbase menimbulkan berbagai spekulasi di kalangan pengamat crypto. Pemindahan sejumlah 7.800 ETH ini dianggap sebagai tindakan yang cukup berani, mengingat kondisi pasar crypto yang sedang tidak menentu.

Pemindahan ini juga menandai perubahan strategi Friend.tech dalam mengelola asetnya. Pemindahan aset ini terjadi di tengah-tengah penurunan aktivitas pengguna di Friend.tech. Pada puncaknya, hampir 55% alamat aktif di blockchain Base Coinbase menggunakan Friend.tech, namun kini hanya lebih dari satu persen saja.

Penurunan ini juga berimbas pada total pendapatan yang dihasilkan, yang kini hanya mencapai rata-rata 10 ETH per hari.

Baca juga: Friend.tech Luncurkan Program Bug Bounty Hingga 1 Juta USDC!

Implikasi bagi Pengguna dan Pasar Crypto

Penurunan TVL dan aktivitas di Friend.tech memberikan sinyal yang jelas tentang volatilitas pasar crypto. Pengguna kini menjadi lebih berhati-hati dalam berinvestasi dan berinteraksi dengan platform berbasis blockchain.

Kejadian ini juga menjadi pelajaran penting bagi para pelaku industri crypto untuk terus berinovasi dan mempertahankan kepercayaan pengguna. Friend.tech, yang diluncurkan pada Agustus 2023, adalah aplikasi jaringan sosial berbasis Base yang memungkinkan pengguna memonetisasi konten atau keahlian mereka.

Namun, tantangan yang dihadapi saat ini menunjukkan bahwa inovasi saja tidak cukup tanpa dukungan komunitas yang kuat dan strategi pengelolaan aset yang solid.

Secara keseluruhan, kondisi Friend.tech saat ini menjadi topik hangat di kalangan penggemar crypto. Pemindahan dana besar-besaran ke Coinbase dan penurunan TVL menjadi sinyal bagi kamu untuk selalu waspada dengan dinamika pasar crypto. Ke depannya, Friend.tech mungkin harus menemukan cara baru untuk mengembalikan kepercayaan dan meningkatkan aktivitas pengguna agar dapat bertahan dalam persaingan pasar crypto yang semakin ketat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: