Friend.tech Perkuat Keamanan Akibat Serangan SIM-Swap! Apa yang Terjadi?

Friend.tech Perkuat Keamanan Akibat Serangan SIM-Swap! Apa yang Terjadi?

Friend.tech, platform media sosial terdesentralisasi, baru-baru ini menambahkan fitur keamanan baru sebagai respons terhadap serangan SIM-swap yang menargetkan penggunanya. Fitur ini meminta pengguna untuk menambahkan kata sandi tambahan saat masuk dari perangkat baru.

Fitur Keamanan Baru Friend.tech

Dalam upaya untuk melindungi penggunanya dari serangan SIM-swap, Friend.tech telah memperkenalkan fitur autentikasi dua faktor (2FA). Fitur ini meminta pengguna untuk menyiapkan kata sandi tambahan saat masuk dari perangkat baru.

Yang menarik, baik tim Friend.tech maupun tim Privy tidak memiliki kemampuan untuk mereset kata sandi ini, menekankan pentingnya pengguna berhati-hati saat menggunakan fitur ini.

Baca Juga: Friendzy vs Friend.tech: Pertarungan Platform Media Sosial Terdesentralisasi!

Serangan SIM-swap telah mengakibatkan pencurian sekitar 109 Ether (ETH), senilai hampir $500.000 dalam beberapa hari, dengan satu peretas mencuri hampir $400k dari berbagai pengguna Friend.tech.

Untuk mengurangi risiko eksploitasi SIM-swap, Friend.tech telah memperkenalkan pembaruan keamanan pada 4 Oktober, memungkinkan pengguna untuk menambah atau menghapus berbagai metode masuk.

Serangan SIM-Swap dan Respon Pengguna

Serangan SIM-swap melibatkan pesan teks yang meminta pengguna untuk permintaan perubahan nomor, di mana pengguna dapat membalas dengan “Ya” untuk menyetujui perubahan atau “Tidak” untuk menolaknya.

Jika responsnya adalah “Tidak,” pengguna dikirim kode verifikasi yang sah dari Friend.tech dan diminta untuk mengirim kode ke nomor penipu. Meski ada beberapa kritik tentang waktu implementasi 2FA, banyak pengguna menyambut baik lapisan keamanan tambahan ini.

Salah satu pencipta terkemuka di Friend.tech, “0xCaptainLevi,” lebih optimis, menekankan bahwa autentikasi dua faktor (2FA) adalah “big deal” dan dapat membantu mendorong platform media sosial ini ke ketinggian yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Nilai Total Terkunci di Friend.tech

popularitas friend.tech
BSC News

Nilai total yang terkunci di Friend.tech saat ini adalah $43,9 juta, turun 15,5% dari tertingginya sebesar $52 juta pada 2 Oktober, menurut DefiLlama. Cointelegraph mencoba menghubungi Friend.tech untuk komentar tetapi tidak menerima respons segera.

Paragraf Penutup

Dengan peningkatan serangan SIM-swap, Friend.tech telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk melindungi penggunanya. Meski ada kritik, banyak pengguna yang merasa lebih aman dengan fitur keamanan baru ini. Friend.tech berkomitmen untuk terus memperkuat keamanannya dan melindungi pengguna dari serangan di masa depan.

Baca Juga: Gara-gara Friend.tech, Aktivitas Base Melonjak dan Kalahkan Ethereum

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi