FriendTech Tambahkan Dukungan untuk Akun Berbasis Email Setelah Serangan Penukaran SIM

author:

FriendTech Tambahkan Dukungan untuk Akun Berbasis Email Setelah Serangan Penukaran SIM

FriendTech, platform media sosial berbasis crypto, baru-baru ini mengalami serangan SIM Swap yang merugikan penggunanya. Serangan ini memaksa FriendTech untuk menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna beralih dari nomor telepon ke email.

FriendTech Dihantam Serangan SIM Swap

Dalam waktu seminggu terakhir, setidaknya enam pengguna FriendTech melaporkan telah menjadi korban serangan SIM Swap. Dalam serangan ini, pelaku berhasil mengakses akun pengguna dan melikuidasi kunci mereka, bentuk token sosial yang terkait dengan influencer di platform tersebut.

Serangan SIM Swap terjadi ketika seseorang berhasil meyakinkan penyedia telekomunikasi untuk memindahkan nomor telepon korban ke kartu SIM baru yang berada di bawah kendali pelaku. Dengan kontrol ini, pelaku dapat menerima pesan teks dan panggilan korban.

Pada tanggal 3 Oktober 2023, dua insiden seperti ini dilaporkan, mengakibatkan kerugian sekitar 42 ETH (setara dengan $70,000). Dalam sehari terakhir, empat pengguna FriendTech lainnya menjadi sasaran, memungkinkan pelaku untuk mengumpulkan keuntungan sekitar $385,000, seperti yang dicatat oleh penyelidik on-chain, ZachXBT.

Baca juga: Stars Arena, Aplikasi Mirip Friend.tech, Picu Lonjakan Aktivitas di Avalanche!

FriendTech Menanggapi dengan Fitur Baru

solusi friend-tech
Sumber: Twitter

Menanggapi serangan ini, FriendTech menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk beralih dari nomor telepon ke email. Fitur ini diharapkan dapat mengurangi risiko serangan SIM Swap di masa mendatang.

Selain itu, FriendTech juga memungkinkan pengguna untuk menambah dan menghapus metode login di akun pribadi mereka setelah serangan SIM Swap memberikan akses kepada hacker ke informasi pribadi pengguna. FriendTech mengumumkan fitur baru ini melalui media sosial pada tanggal 4 Oktober 2023.

Pengguna dapat mengakses pengaturan ini melalui aplikasi, dengan mengetuk saldo dompet mereka untuk melakukan perubahan. Meski demikian, beberapa pengguna mengeluh bahwa mereka tidak diminta untuk mengonfirmasi kode sandi mereka dan ketika salah mengetik, baik Privy maupun FriendTech tidak dapat meresetnya.

Secara keseluruhan, serangan SIM Swap ini tentunya menjadi pelajaran berharga bagi FriendTech dan penggunanya. Dengan adanya fitur baru ini, diharapkan serangan serupa dapat dicegah di masa mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: