Bug Friend.tech Bikin Pengguna Bayar Lebih untuk ‘Kunci’, Rugi Capai $2,44 ETH!

Bug Friend.tech Bikin Pengguna Bayar Lebih untuk ‘Kunci’, Rugi Capai $2,44 ETH!

Friend.tech, platform media sosial berbasis blockchain yang sedang naik daun, baru-baru ini diterpa kabar mengejutkan. Sebuah bug dalam implementasi antarmuka pengguna (UI) platform tersebut menyebabkan pengguna membayar lebih untuk ‘kunci’ yang mereka beli. Akibatnya, para pengguna mengalami kerugian hingga $2,44 Ethereum (ETH). Apa yang sebenarnya terjadi? Simak berita lengkapnya disini!

Bug Antarmuka Pengguna Menyebabkan Pembayaran Berlebih

Bug dalam UI Friend.tech ini terjadi karena adanya kesalahan dalam sinkronisasi informasi antara UI dan blockchain. Ketika beberapa pengguna memperdagangkan ‘kunci’ untuk akun yang sama, UI akan menyimpan informasi lama yang tidak sesuai dengan kondisi blockchain saat ini.

Hal ini menyebabkan pengguna membayar lebih untuk ‘kunci’ yang mereka beli. Para peneliti keamanan, Pawel Wylecial dan ‘E.Laszlo’, melaporkan bahwa bug ini telah menyebabkan pengguna membayar lebih hingga 445 ETH. Mereka juga menemukan bahwa sekitar 43.173 transaksi telah diproses melalui UI yang cacat tersebut.

Baca Juga: Friendzy vs Friend.tech: Pertarungan Platform Media Sosial Terdesentralisasi!

Minimnya Tindakan Meskipun Sudah Diberitahu

bug friendtech platform
Sumber: Akun X E Laszlo

Wylecial dan ‘E.Laszlo’ mengklaim telah melaporkan bug ini kepada tim Friend.tech sebelumnya. Namun, tim tersebut justru mengklasifikasikannya sebagai ‘di luar cakupan’, yang berarti tidak ada tindakan yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

Sikap tim Friend.tech ini tentu saja mengecewakan para pengguna yang telah dirugikan. Mereka merasa bahwa perusahaan tidak serius dalam menangani masalah yang dapat merugikan pengguna.

Baca Juga: Heboh! Friend.tech Pindahkan Setengah Pendapatan ke Coinbase Saat TVL Terjun Bebas

Popularitas Friend.tech Menurun Setelah Masalah Privasi

Selain masalah bug UI, Friend.tech juga menghadapi masalah privasi. Platform ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan profil Twitter mereka dengan alamat Ethereum mereka. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa pengguna dapat dilacak dan informasi pribadi mereka dapat bocor.

Masalah privasi ini semakin memperburuk citra Friend.tech di mata pengguna. Popularitas platform ini pun menurun drastis. Menurut data dari Dune Analytics, pendapatan Friend.tech turun dari lebih dari $1 juta tahun lalu menjadi kurang dari $20.000 dalam beberapa hari terakhir.

Kesimpulan

Bug UI yang menyebabkan pengguna membayar lebih untuk ‘kunci’ dan masalah privasi telah membuat popularitas Friend.tech menurun drastis. Jika perusahaan tidak segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah ini, bukan tidak mungkin platform ini akan ditinggalkan oleh pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi