Frax V2 Siap Meluncur Sebagai Validator Tanpa Izin!

author:

Frax V2 Siap Meluncur Sebagai Validator Tanpa Izin!

Frax, sebuah ekosistem DeFi yang mandiri, sedang bersiap untuk meningkatkan tingkat desentralisasinya ke level yang belum pernah ada sebelumnya. Meskipun banyak aspek dari ekosistem ini sudah “mandiri”, tim inti saat ini mengendalikan validator. Namun, dengan peluncuran Frax Ether V2, pendekatan ini akan berubah total, memberikan kebebasan bagi siapa saja untuk menjalankan validator tanpa izin.

Dari Daftar Terkurasi ke Validator tanpa Izin

frax finance siap luncurkan l2
Coincu News

Saat ini, validator dijalankan oleh tim inti Frax dengan daftar yang telah dikurasi. Namun, menurut pendiri Frax Finance, Sam Kazemian, Frax Ether V2 akan menghilangkan keterbatasan ini.

Baca juga: Frax Finance Berencana Luncurkan Ethereum Layer 2, Fraxchain!

Dalam iterasi Frax yang baru, cara utama untuk menjadi validator adalah dengan menyetor ether (ETH) sebagai jaminan. Pengguna kemudian dapat “meminjam” validator dan mengendalikannya selama mereka membayar suku bunga yang ditentukan oleh pasar.

Sebagai contoh, pengguna dapat meminjam hak untuk mengendalikan validator, mirip dengan mengambil pinjaman dalam mata uang tradisional.

Pasar Peminjaman Desentralisasi

Kazemian menjelaskan bahwa pendekatan ini pada dasarnya adalah bagaimana peminjaman desentralisasi bekerja, menggunakan contoh Rocket Pool. Pengguna memberikan ETH mereka dan mencetak token rETH sebagai bukti peminjaman.

Frax berupaya mengoptimalkan sistem ini untuk pasar peminjaman token, memungkinkan orang untuk meminjam validator. Validator dapat dipinjam oleh siapa saja, dari mana saja.

Dengan mekanisme pasar, Frax memastikan bahwa validator selalu berada di garis depan inovasi, dengan insentif bagi mereka untuk menjalankan validator dengan efisiensi maksimal.

Baca juga: Pendapatan MakerDao dan Pasokan Stablecoin DAI Meningkat Hampir $1 Miliar, Ada Apa?

Frax V2 vs Platform Lain

Lido, platform peminjaman cair saingan, menggunakan daftar validator terkurasi. Namun, Frax ETH V2 akan sepenuhnya terdesentralisasi, tanpa asumsi kepercayaan.

Frax ETH V1 mirip dengan Lido saat ini. Namun, Frax ETH V2 akan mirip dengan Rocket Pool, yang sepenuhnya terdesentralisasi. Dengan pendekatan baru ini, Frax V2 menghilangkan asumsi kepercayaan, memberikan kebebasan dan keamanan lebih bagi pengguna.

“Frax ETH V1 seperti Lido saat ini. Frax ETH V2 seperti Rocket Pool dalam arti benar-benar terdesentralisasi – dan tidak ada lagi asumsi kepercayaan.” Ucap pendiri Frax Finance, Sam Kazemian, kepada Blockworks

Pada akhirnya, peluncuran Frax Ether V2 menandai babak baru dalam evolusi ekosistem Frax. Dengan memberikan kebebasan bagi siapa saja untuk menjadi validator, Frax menunjukkan komitmennya untuk mempromosikan desentralisasi dan inovasi di dunia DeFi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: