Terungkap! Fortnite dan GTA 6 Bisa Jadi Pelopor Metaverse yang Sesungguhnya

Terungkap! Fortnite dan GTA 6 Bisa Jadi Pelopor Metaverse yang Sesungguhnya

Apakah kamu siap menyaksikan revolusi metaverse yang sesungguhnya? Ironisnya, bukan para penggila crypto yang akan mewujudkannya, melainkan game Web2 seperti Fortnite dan GTA 6 yang berpotensi menjadi pelopor metaverse fungsional pada 2024 dan 2025. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Fortnite: Pionir Interoperabilitas dalam Game

fortnite game
Sumber: Adello

Fortnite telah membuktikan bahwa interoperabilitas antarbrand dalam game bukanlah sekadar mimpi. Dengan menghadirkan karakter dari Naruto, Rick and Morty, Dragonball, hingga Star Wars, Fortnite telah membuka mata dunia akan kemungkinan ini. Update terbaru Fortnite bahkan lebih jauh lagi, dengan memperkenalkan mode permainan dari Rocket League, Guitar Hero, dan kolaborasi dengan Lego yang mirip Minecraft.

Ini menunjukkan bahwa penggabungan elemen-elemen berbeda dalam satu lingkungan virtual bukan hanya mungkin, tapi juga sangat disukai oleh pengguna. Fortnite telah menjadi jembatan Web2,5 yang mempersiapkan pengguna untuk beralih ke Web3.

Proyek-proyek seperti Sandbox, Otherside, dan Star Atlas kini memiliki fondasi yang lebih kuat untuk membangun interoperabilitas serupa dengan menggunakan blockchain. Pengalaman ini telah mengubah pemahaman rata-rata pengguna tentang konsep interoperabilitas dan membuka jalan bagi adopsi budaya Metaverse yang lebih luas.

Baca Juga: Terobosan Baru Epic Games: ‘Adults Only’ Bukan Lagi Tabu untuk Game Blockchain!

GTA 6 dan Ekonomi Digital Berbasis Crypto

Grand Theft Auto 6 (GTA 6) mungkin akan menjadi game yang paling ditunggu-tunggu dalam beberapa tahun ke depan, dengan rumor yang menyebutkan bahwa game ini akan memiliki ekonomi digital berbasis crypto.

Jika benar, ini akan menjadi langkah besar dalam memvalidasi konsep metaverse berbasis Web3. Meskipun ekonomi digital sudah tidak asing bagi pengguna Web3, konsep ini masih abstrak bagi kebanyakan orang.

GTA 6 berpotensi menjadi katalisator yang memperkenalkan ekonomi digital fungsional kepada massa. Ini akan memperkuat tesis bahwa game Web2 akan menjadi jembatan bagi metaverse terbuka untuk bersinar. Dengan demikian, individu yang berinvestasi atau bekerja pada proyek-proyek ini, serta merek yang memanfaatkan peluang ini, kemungkinan besar akan menjadi pemenang di masa depan.

Baca Juga: Elixir Games Guncang Industri Web3 dengan Akuisisi LitLab Games!

Identitas Digital dan Peran Game Web2

Game dan aplikasi Web2 telah menjadi kunci dalam konsep identitas digital di metaverse terbuka. Mereka telah memperkenalkan generasi muda pada konsep menggunakan pakaian digital sebagai simbol status, yang kini banyak dihargai lebih dari pakaian nyata. Seperti taksi yang menjadi jembatan menuju Uber, game Web2 seperti Fortnite dan Roblox akan menjadi jembatan bagi metaverse terbuka.

Donald Mustard, mantan eksekutif kreatif Epic Games, telah membagikan sketsa awal yang menjadi dasar kesuksesan Fortnite. Sketsa tersebut menggambarkan visi Fortnite sebagai ‘tempat’ dengan ekosistem sosial dan mode permainan yang beragam, yang semuanya terhubung melalui ‘hub’ pemain. Visi ini telah terwujud hari ini, dan Fortnite telah menjadi contoh nyata dari mimpi metaverse yang fungsional.

Kita berada di ambang era baru di mana game tidak hanya sekadar hiburan, tapi juga menjadi ruang sosial yang menyatukan berbagai pengalaman. Dengan Fortnite dan GTA 6 memimpin jalan, masa depan metaverse tampaknya akan lebih cepat tiba daripada yang kita bayangkan. Siapkah kamu menjadi bagian dari revolusi ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: