Fnality Kumpulkan Dana $95 Juta, Siap Luncurkan Sistem Pembayaran Global Berbasis Blockchain!

author:

Fnality Kumpulkan Dana $95 Juta, Siap Luncurkan Sistem Pembayaran Global Berbasis Blockchain!

Fnality, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembayaran dengan teknologi blockchain, telah berhasil menghimpun dana sebesar $95 juta dalam putaran pendanaan terbaru yang dipimpin oleh Goldman Sachs dan BNP Paribas.

Dengan total dana yang telah terkumpul sejak 2019 mencapai $158 juta, Fnality berambisi untuk meluncurkan Sterling Fnality Payment System pada tahun 2023, tentu saja dengan persetujuan dari Bank of England.

Investor dan Rencana Penggunaan Dana

pendanaan fnality
SUmber: Ledger Insights

Dalam putaran pendanaan kali ini, Fnality mendapat dukungan dari berbagai institusi keuangan ternama. Goldman Sachs dan BNP Paribas, Euroclear, Depository Trust and Clearing Corporation, WisdomTree, dan investor lama Fnality, Nomura, adalah beberapa di antaranya.

Baca juga: Startup K-Pop Berbasis Blockchain “Modhaus” Sukses Kumpulkan Dana $8 Juta!

Bahkan, investor dari putaran pendanaan sebelumnya seperti Banco Santander, BNY Mellon, Barclays, CIBC, Commerzbank, ING, Lloyds Banking Group, Nasdaq Ventures, State Street, Sumitomo Mitsui Banking Corporation, dan UBS juga turut berpartisipasi.

Dana yang berhasil terkumpul ini akan digunakan Fnality untuk membangun jaringan manajemen likuiditas global yang beroperasi sepanjang hari. Jaringan ini dirancang untuk model pembayaran digital baru di pasar keuangan grosir dan pasar aset yang telah ditokenisasi.

Selain itu, dana ini juga akan menjadi fondasi untuk peluncuran awal Sterling Fnality Payment System pada tahun 2023, tentu saja dengan persetujuan dari Bank of England.

Teknologi Blockchain dan Regulasi

Fnality memanfaatkan teknologi blockchain untuk memfasilitasi institusi dalam menggunakan dana bank sentral untuk berbagai kasus penggunaan potensial. Mathew McDermott, kepala global aset digital Goldman Sachs, menekankan bahwa kasus penggunaan ini mencakup “pembayaran lintas batas dan lintas mata uang yang instan, mobilitas jaminan, dan transaksi keamanan.”

Baca juga: Boyaa Interactive Siapkan $100 untuk Crypto: Langkah Strategis Menuju Era Web3!

Peluncuran Sterling Fnality Payment System ini masih menunggu persetujuan dari Bank of England. Pada tahun 2021, Bank of England telah memberikan persetujuan untuk jenis akun baru di bank sentral untuk mendukung berbagai sistem pembayaran.

Ini termasuk sistem berbasis blockchain atau teknologi ledger terdistribusi, teknologi dasar yang mendukung cryptocurrency.

Pada akhirnya, keberhasilan Fnality dalam mengumpulkan dana ini menunjukkan dukungan dan kepercayaan yang semakin besar dari institusi keuangan ternama. Dengan menunggu persetujuan regulasi, Fnality siap untuk menjadi pelopor dalam jaringan manajemen likuiditas global, memperkuat konvergensi antara keuangan tradisional dan digital dalam ranah pembayaran grosir.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: