Fleek dan Polygon Labs Berkolaborasi Hadirkan Layanan Cloud Tanpa Izin!

author:

Array

Fleek dan Polygon Labs Berkolaborasi Hadirkan Layanan Cloud Tanpa Izin!

Jakarta, Pintu News – Fleek, platform cloud terdesentralisasi yang dioptimalkan untuk edge, telah mengumumkan kolaborasi strategis dengan pengembang blockchain Polygon Labs.

Kolaborasi ini bertujuan untuk membangun layanan web tanpa izin yang sangat performa tinggi di atas infrastruktur cloud on-chain Fleek, khususnya untuk proyek yang menggunakan Polygon Chain Development Kit (CDK).

Selain itu, Fleek juga meluncurkan Edge Functions, testnet publik pertama yang menampilkan layanan CDN (Content Delivery Network) dan JavaScript Runtime.

Mengurangi Biaya Cloud Hingga 80%

Pengumuman kolaborasi ini menjelaskan bahwa rantai yang didukung oleh CDK, seperti semua L2 dan Rollups lainnya, memerlukan infrastruktur cloud untuk beroperasi.

Baca juga: Avalanche Perkuat Keamanan Dompet Aslinya dengan Mengintegrasikan Solusi Blockaid!

Opsi yang tersedia adalah menjalankan infrastruktur langsung di platform cloud korporat seperti AWS atau secara tidak langsung melalui penyedia RaaS (Rollup-as-a-Service) yang masih menggunakan platform cloud seperti AWS.

Menggunakan AWS dan platform cloud korporat lainnya untuk infrastruktur L2 dan Rollup bekerja, namun “jauh dari ideal.” Salah satu masalah utama adalah biayanya yang sangat mahal. Selain itu, ada masalah dengan sensor, de-platforming, keamanan, tanggung jawab, dan kekhawatiran lainnya.

Masalah-masalah tersebut membuat pembangunan perangkat lunak yang bermakna pada infrastruktur yang dikendalikan korporat menjadi lebih rapuh daripada yang diperkirakan banyak orang.

Fleek percaya bahwa mereka dapat membantu mengatasi masalah-masalah ini dengan menyediakan alternatif yang performa tinggi, biaya rendah, sepenuhnya tanpa izin, mandiri, dan lebih tahan masa depan.

Operasi algoritmik jaringan node global Fleek menghilangkan faktor-faktor yang terkait dengan manusia yang biasanya menyumbang 75%-80% dari biaya cloud.

Kecepatan adalah Kunci

Para mitra berusaha menawarkan alternatif untuk platform cloud tradisional. Selama uji kinerja testnet sebelumnya, Fleek menunjukkan bahwa infrastrukturnya memiliki potensi untuk lebih performa tinggi dibandingkan platform cloud tradisional.

Dalam uji fungsi edge sederhana, waktu rata-rata Fleek untuk byte pertama (TTFB)—sebuah pengukuran yang digunakan untuk menunjukkan responsivitas jaringan—adalah 37,02 milidetik. Ini 7 kali lebih cepat dari AWS Lambdas (274,22 ms) dan 2,7 kali lebih cepat dari Vercel Serverless (103,09 ms) dalam pengujian global.

Polygon CDK adalah toolkit perangkat lunak modular open-source yang populer untuk pengembang blockchain untuk meluncurkan rantai L2 baru di Ethereum.

Baca juga: The Sandbox ($SAND) Raih Pendanaan $20 Juta untuk Perluas Ekonomi Kreator!

CDK digunakan oleh proyek-proyek seperti IDEX, WIREX, Palm Network, Immutable, Astar, OKX, dan Fuse Network. Ada lebih dari 70 proyek lain yang sedang dalam pengembangan.

Mendorong Inovasi di Web3

Polygon 2.0
Sumber: Crypto News

Lebih lanjut, kemitraan antara Polygon Labs dan Fleek memungkinkan pengembang membangun layanan web pada infrastruktur cloud terdesentralisasi Fleek.

Fleek menggabungkan efisiensi layanan seperti Uber dan Airbnb, yang mendesentralisasi sisi penawaran dari sebuah jaringan dan menjalankannya secara algoritmik, dengan kemampuan insentivisasi jaringan dari blockchain untuk menciptakan produk yang lebih baik bagi pengguna.

Dari perspektif biaya, Fleek mengklaim bahwa ketergantungannya pada jaringan node terdesentralisasi menghilangkan 75%-80% dari biaya yang timbul dari faktor-faktor yang terkait dengan manusia.

Selain itu, perusahaan juga mengklaim sudah lebih performa tinggi dibandingkan penyedia cloud tradisional.

Proyek-proyek yang telah menggunakan CDK termasuk OKX, Astar, dan Immutable. Polygon berencana memungkinkan proyek-proyek yang membangun dengan CDK untuk memanfaatkan kemampuan ini untuk mengurangi biaya, mengurangi latensi, meningkatkan kinerja, dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Business Wire

Array